Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Libur Akhir Tahun, Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp15,1 Triliun

        Libur Akhir Tahun, Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp15,1 Triliun Kredit Foto: Antara/M Risyal Hidayat
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyiapkan uang tunai sebesar Rp15,1 triliun guna memenuhi kebutuhan masyarakat selama Desember 2020. Termasuk periode libur Natal dan libur jelang tahun baru 2021.

        Sekretaris Bank Mandiri Rudi As Aturridha menjelaskan alokasi uang tunai tersebut sebagian besar digunakan untuk memenuhi kebutuhan penarikan tunai masyarakat di mesin-mesin Mandiri ATM.

        "Jumlah itu turun 8,2% dari periode tahun lalu, terutama karena dampak pandemi yang diperkirakan akan mengurangi belanja masyarakat pada periode tersebut," ujar Rudi di Jakarta, Senin (14/12/2020).

        Baca Juga: Bank Mantap Buka Kantor Pelayanan di Mall Pelayanan Publik Purwakarta

        Selain itu, dia melihat faktor pembatasan sosial dan kampanye di rumah saja akan membuat masyarakat lebih memilih untuk bertransaksi secara nontunai. Namun, kebutuhan akan uang tunai tetap ada untuk transaksi ritel yang belum menggunakan alat pembayaran nontunai, seperti saat membeli makanan atau minuman di warung.

        Untuk itu, lanjut Rudi, pihaknya telah mengantisipasi puncak kenaikan transaksi nasabah yang diperkirakan pada 16-31 Desember sehingga akan dilakukan optimalisasi limit pengisian mesin ATM pada periode tersebut.

        "Frekuensi perawatan mesin atau preventive maintenance pun kami tambah pada periode libur tersebut agar mesin ATM selalu siap melayani kebutuhan nasabah, dengan fokus pada rest area, pusat perbelanjaan, hotel, bandara, stasiun, pelabuhan, SPBU, gereja dan tempat wisata," kata Rudi.

        Adapun total ATM Bank Mandiri saat ini tercatat sebanyak 13.176 mesin ATM Mandiri yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia untuk melayani kebutuhan dana tunai nasabah.

        Di samping jaringan ATM, Rudi menambahkan, pihaknya juga telah menyiapkan jaringan elektronik banking, seperti fasilitas Mandiri Online, SMS Banking, dan Call Center 14000 untuk membantu nasabah melakukan transaksi keuangan, termasuk pembayaran kewajiban bulanan.

        "Aplikasi Mandiri Online, misalnya, kini sudah dapat melayani hampir semua transaksi nasabah seperti pemindahan dana, pembukaan rekening, pemblokiran dan pembukaan blokir, monitoring perpindahan dana, serta transaksi pembayaran, termasuk dengan scan QRIS," pungkasnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Boyke P. Siregar
        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: