Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        PM Jepang Berwisata ke Kota Kuno Dengan Presiden Meksiko

        Warta Ekonomi -

        WE Online, Meksiko - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Sabtu, mengakhiri kunjungan dua harinya di Meksiko, dengan berwisata ke piramida di Teotihuacan --setelah menyetujui kesepakatan energi-- didampingi Presiden Enrique Pena Nieto.

        Abe dan Pena Nieto mengunjungi kota pra-Kolumbia, Teotihuacan, dengan istri masing-masing, Akie Abe dan Angelica Rivera de Pena. Para tokoh itu mengenakan topi daun palem dan bergaya untuk foto bersama di kota itu, namun sama sekali tidak memberikan pernyataan kepada wartawan.

        Tapi kantor Pena Nieto mengeluarkan sebuah pernyataan yang mengatakan Meksiko mengharapkan kerja sama dan perdagangan yang lebih besar dengan Jepang dalam beberapa tahun mendatang.

        Abe pada Jumat menyepakati serangkaian kesepakatan energi dengan Pena Nieto di awal lawatan ke lima negara Amerika Latin.

        Abe, yang berkunjung ke wilayah tersebut setelah lawatan Presiden Tiongkok Xi Jinping, menandatangani kesepakatan antara perusahaan minyak negara Meksiko Pemex dan bank pembangunan Jepang, serta kesepakatan lain antara Pemex dan Perusahaan Minyak, Gas and Logam Nasional Jepang.

        Mengingat Jepang tengah mencari sumber daya baru setelah bencana Fukushima memaksa penutupan reaktor nuklirnya, agenda energi merupakan prioritas utama dalam perjalanan perdana menteri kali ini.

        Sementara itu, Meksiko sedang melakukan perubahan besar di sektor energi, dengan Kongres siap untuk mengakhiri monopoli Pemex yang telah berlangsung selama 75 tahun dan membuka sektor minyak dan gas untuk investasi asing.

        Jepang adalah mitra dagang keempat Meksiko, dengan total perdagangan senilai 19,3 miliar dolar tahun lalu. Ada sekitar 800 perusahaan Jepang yang memiliki investasi di Meksiko, terutama perusahaan otomobil raksasa seperti Nissan, Mazda dan Honda.

        Abe adalah pemimpin Jepang pertama yang mengunjungi Meksiko sejak Perdana Menteri Junichiro Koizumi di tahun 2004.

        Perjalanan sembilan hari Abe -yang juga akan membawanya ke Trinidad dan Tobago, Kolombia, Chile dan Brazil- dilakukan hanya beberapa hari setelah Presiden Tiongkok menyelesaikan lawatannya ke empat negara di kawasan itu.

        Dengan ekonomi yang sedang berkembang, Amerika Latin merupakan pasar yang menjanjikan bagi ekspor Jepang, di samping ketersediaan bahan bakunya. (Ant)

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor:

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: