Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Amerika ke LCS, Manuver Kapal Perang China Dekat Hawaii Justru Picu Kemungkinan PDIII

        Amerika ke LCS, Manuver Kapal Perang China Dekat Hawaii Justru Picu Kemungkinan PDIII Kredit Foto: Reuters/US Navy
        Warta Ekonomi, London -

        China telah memicu ketakutan Perang Dunia ke-3 setelah memperingatkan akan berlayar kapal perang ke perairan Amerika Serikat dekat Hawaii.

        Ketegangan antara Beijing dan Washington mencapai titik didih di atas Laut China Selatan setelah kapal-kapal Angkatan Laut AS berlayar ke perairan yang diperebutkan.

        Baca Juga: Serius Gebuk China di Laut China Selatan, Amerika bakal Hadirkan Armadanya di Pasifik

        Dilansir The Sun, Selasa (14/9/2021), angkatan Laut AS mengumumkan pekan lalu bahwa Carl Vinson Carrier Strike Group telah memasuki daerah itu untuk pertama kalinya selama penyebarannya saat ini.

        Komandan kelompok itu, Laksamana Muda Dan Martin, mengatakan dalam sebuah pernyataan: "Kebebasan semua negara untuk bernavigasi di perairan internasional adalah penting, dan terutama vital di Laut China Selatan, di mana hampir sepertiga dari perdagangan maritim global transit setiap tahun."

        Ini memicu ketegangan lebih lanjut ketika satu kapal dalam kelompok itu, USS Benfold, melakukan latihan "kebebasan operasi" di dekat Kepulauan Spratly yang berada dalam jarak 12 mil dari karang yang diklaim oleh China.

        Membalas, media pemerintah China mengecam pengerahan kapal di daerah yang sangat diperebutkan - memperingatkan kapal perang AS akan berlayar menuju AS.

        Hu Xijin, pemimpin redaksi Global Times, mentweet: "Semoga ketika kapal perang China melewati Laut Karibia atau muncul di dekat Hawaii dan Guam suatu hari nanti, AS akan menjunjung standar kebebasan navigasi yang sama.

        "Hari itu akan segera datang."

        Angkatan Laut AS menanggapi komentarnya dengan mengatakan mereka telah "menegakkan standar kebebasan navigasi lebih lama dari angkatan laut PLA yang ada".

        China mengklaim hampir semua 1,3 juta mil persegi Laut China Selatan sebagai wilayahnya.

        Sebagai tanggapan, Amerika Serikat dan sekutunya, termasuk Inggris, berlayar dengan kapal perang melalui laut dalam operasi kebebasan navigasi untuk menantang klaimnya.

        Mantan laksamana AS mengatakan sekutu harus khawatir tentang tindakan "agresif" China di perairan yang disengketakan saat ia mencap Beijing sebagai "musuh terburuk mereka sendiri".

        "Saya pikir sangat penting bagi kita untuk melakukan segala yang kita bisa untuk mencegah eskalasi dan perang terbuka dengan RRC [Republik Rakyat China]," kata pensiunan Laksamana Harry Harris kepada ABC.

        “Saya pikir tidak ada yang menginginkan itu. Kami tidak menginginkan itu. China tidak menginginkannya. Tidak ada yang menginginkannya, sungguh. Tapi kami harus waspada terhadap perilaku agresif China, baik di ruang militer maupun di bidang ekonomi. ruang angkasa.

        "RRC, perilaku buruknya sendiri, yang menunjukkan kepada orang lain betapa buruknya itu. Jadi, Anda tahu, mereka adalah musuh terburuk mereka sendiri."

        Itu terjadi setelah kementerian pertahanan Jepang memperingatkan pada Minggu bahwa sebuah kapal selam yang diyakini berasal dari China terlihat di perairan dekat pulau-pulau selatannya.

        Pada Jumat, angkatan laut Jepang mengidentifikasi sebuah kapal tenggelam yang berlayar di luar perairan teritorial dekat pulau Amami Oshima, kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan. Sebuah kapal perusak China juga terlihat di sekitarnya.

        Tokyo telah mengeluhkan banyak gangguan oleh kapal-kapal China di perairan teritorialnya dan di dekat pulau-pulau yang disengketakan dalam beberapa tahun terakhir.

        Permainan perang

        Sementara itu, China telah meningkatkan permainan perang "invasi" pulau - sementara Taiwan telah mengembangkan kapal perang "pembunuh kapal induk" baru.

        Tahun ini Beijing secara mengkhawatirkan meningkatkan latihan angkatan laut untuk menguji kemampuan mereka merebut sebuah pulau.

        Pada paruh pertama tahun 2021, China melakukan 20 latihan yang melibatkan penangkapan pulau - dibandingkan dengan hanya 13 di seluruh tahun 2020.

        Dan sekarang Administrasi Maritim China telah mengumumkan bahwa sebuah daerah di barat Semenanjung Leizhou akan ditutup untuk lalu lintas pada Kamis dan Jumat, karena "latihan tembakan langsung".

        Itu terjadi setelah presiden Taiwan bulan ini mengawasi commissioning kapal perang baru di tengah ketegangan yang meningkat.

        Kapal, yang dijuluki "pembunuh pembawa", dirancang untuk memiliki kemampuan pertahanan udara dan dapat membawa rudal anti-kapal.

        China menganggap Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya dan telah lama mengancam akan menggunakan kekuatan untuk mengendalikannya - dan juga telah berulang kali memperingatkan AS agar tidak menawarkan dukungan apa pun kepada Taipei yang dapat mengancam klaimnya.

        Sekarang, Beijing telah memperingatkan konsekuensi militer "berat" terhadap Taiwan jika Washington mengizinkan pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu untuk mengubah nama kantor perwakilannya di AS.

        Pada hari Jumat, sebuah laporan Financial Times mengatakan bahwa Joe Biden sedang mempertimbangkan untuk mengizinkan kantor tersebut mengubah namanya dari "Kantor Perwakilan Ekonomi dan Budaya Taipei" (TECRO) menjadi "Kantor Perwakilan Taiwan."

        Tetapi surat kabar yang dikelola negara, Global Times, memperingatkan bahwa perubahan semacam ini akan membuat marah China dan menyebabkan konsekuensi militer yang "berat".

        Potongan itu berbunyi: "Jika AS dan pulau Taiwan mengubah nama, mereka dicurigai menyentuh garis merah Undang-Undang Anti-Pemisahan China, dan daratan China harus mengambil langkah-langkah ekonomi dan militer yang parah untuk memerangi arogansi AS dan pulau Taiwan.

        "Pada saat itu, daratan harus menjatuhkan sanksi ekonomi yang berat di pulau itu dan bahkan melakukan blokade ekonomi di pulau itu, tergantung pada keadaan."

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: