Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Catat dan Tanam Ya Kalau Perlu, Ini Tanaman yang Baik untuk Penderita Diabetes

        Catat dan Tanam Ya Kalau Perlu, Ini Tanaman yang Baik untuk Penderita Diabetes Kredit Foto: Sufri Yuliardi
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Mengonsumsi makanan sehat adalah hal wajib yang manusia harus lakukan. Hal ini lebih berlaku bagi mereka atau mungkin Anda yang mengidap kondisi penyakit kronis seperti diabetes.

        Diabetes adalah kondisi kesehatan kronis yang merujuk pada insulin yang tidak dapat lagi bekerja sebagai mana mestinya sehingga gula yang seharusnya menjadi energi malah menumpuk dan menimbulkan berbagai macam masalah.

        Baca Juga: Wah! Apa Benar Penderita Diabetes Mendapat Manfaat dari Mengonsumsi Beras Hitam? Ternyata…

        Sayangnya, tidak semua makanan sehat baik untuk penderita diabetes. Buah-sayuran ataupun tanaman yang memiliki kandungan tertentu yang bisa menyebabkan terjadinya lonjakkan gula darah harus dihindari atau dikurangi jumlahnya.

        Berikut beberapa tanaman terbaik untuk penderita diabetes agar kondisi kesehatan mereka bisa tetap terjaga, sebagaimana dilansir dari laman kesehatan Medical News Today

        Lidah Buaya

        Lidah buaya adalah tanaman umum dengan banyak kegunaan yang berbeda. Banyak orang yang menyadari manfaatnya untuk perawatan kulit, tetapi mungkin juga memiliki manfaat lain, termasuk memperlambat perkembangan diabetes tipe 2.

        Baca Juga: Harapan Baru! Kabar Baik untuk Penderita Diabetes, Obat Ini Berpotensi...

        Satu ulasan yang diterbitkan pada tahun 2013, melihat penggunaan lidah buaya untuk mengobati gejala diabetes pada tikus. Temuan menunjukkan bahwa lidah buaya dapat membantu melindungi dan memperbaiki sel beta di pankreas yang memproduksi insulin. Para peneliti percaya ini mungkin karena efek antioksidan lidah buaya.

        Kayu Manis

        Kayu manis adalah rempah-rempah harum yang berasal dari kulit pohon. Ini adalah bahan populer dalam permen, makanan panggang, dan hidangan lainnya.

        Memiliki rasa yang dapat menambah rasa manis tanpa tambahan gula, ini juga yang populer di kalangan penderita diabetes tipe 2. Tetapi mungkin lebih dari itu kayu manis juga menawarkan manfaat kesehatan lainnya.

        Pare

        Momordica charantia, atau pare, adalah buah obat. Praktisi pengobatan tradisional Tiongkok dan India telah menggunakan pare selama berabad-abad. Orang bisa memasak buah dan menggunakannya di banyak hidangan. Beberapa ilmuwan telah melihat potensi penggunaan obatnya.

        Ada beberapa bukti bahwa pare dapat membantu gejala diabetes. Satu ulasan telah mencatat bahwa orang telah menggunakan banyak bagian tanaman untuk membantu mengobati diabetes.

        Baca Juga: Menggelegar! Jadi Booster, Vaksin Hirup Tingkatkan Antibodi 300x Lipat, Kok Bisa?

        Milk Thistle

        Orang telah menggunakan milk thistle sejak zaman kuno untuk banyak penyakit yang berbeda, dan terutama sebagai tonik untuk hati.

        Silymarin, ekstrak dari milk thistle yang paling banyak mendapat perhatian dari para ilmuwan, adalah senyawa dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Ini adalah sifat-sifat yang dapat membuat milk thistle menjadi ramuan yang berguna bagi penderita diabetes.

        Banyak penelitian tentang silymarin menjanjikan, tetapi penelitian ini tidak cukup kuat untuk merekomendasikan ramuan atau ekstrak saja untuk perawatan diabetes, menurut satu ulasan yang diterbitkan pada tahun 2016.

        Fenugreek

        Fenugreek adalah biji lain yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah.Bijinya mengandung serat dan bahan kimia yang membantu memperlambat pencernaan karbohidrat dan gula. Ada juga beberapa bukti bahwa biji dapat membantu menunda atau mencegah timbulnya diabetes tipe 2.

        Baca Juga: Apakah Penanganan Diabetes Tipe 2 pada Anak Sama dengan Dewasa? Ternyata Oh Ternyata...

        Temuan investigasi 3 tahun yang diterbitkan pada tahun 2015 mencatat bahwa orang dengan pradiabetes cenderung tidak menerima diagnosis diabetes tipe 2 saat mengambil biji fenugreek bubuk.

        Gymnema

        Gymnema sylvestre adalah ramuan yang berasal dari India. Namanya berarti "penghancur gula."

        Sebuah tinjauan tahun 2013 mencatat bahwa orang dengan diabetes tipe 1 dan tipe 2 yang menggunakan gymnema menunjukkan tanda-tanda perbaikan.

        Pada penderita diabetes tipe 1 yang mengonsumsi ekstrak daun selama 18 bulan, kadar gula darah puasa turun secara signifikan, dibandingkan dengan kelompok yang hanya menerima insulin.

        Jahe

        Jahe adalah ramuan lain yang telah digunakan orang selama ribuan tahun dalam sistem pengobatan tradisional.

        Orang sering menggunakan jahe untuk membantu mengobati masalah pencernaan dan peradangan.

        Namun, pada tahun 2015, sebuah ulasan menyarankan bahwa itu juga dapat membantu mengobati diabetes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jahe menurunkan kadar gula darah, tetapi tidak menurunkan kadar insulin darah.

        Karena itu, mereka menyarankan bahwa jahe dapat mengurangi resistensi insulin dalam tubuh untuk diabetes tipe 2.

        Baca Juga: Harapan Baru! Kabar Baik untuk Penderita Diabetes, Obat Ini Berpotensi...

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Bayu Muhardianto
        Editor: Bayu Muhardianto

        Bagikan Artikel: