Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Perusahaan Raksasa: Nike, Raja Aparel Olahraga yang Lahir Bukan dengan Cara Instan

        Kisah Perusahaan Raksasa: Nike, Raja Aparel Olahraga yang Lahir Bukan dengan Cara Instan Kredit Foto: Reuters/Ajeng Dinar Ulfiana
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Nike adalah salah satu merek sepatu, peralatan olahraga, dan pakaian terbesar dan paling terkenal di dunia. Dengan pamornya tersebut, Nike secara performa tidak tertandingi sehingga ia terdaftar sebagai salah satu perusahaan raksasa Fortune Global 500.

        Per 2020, Nike adalah perusahaan raksasa berdasar pendapatan di urutan ke-322 dengan total revenue 39,11 miliar dolar AS. Fortune mencatat, kinerja keuangannya pada tahun itu sangat baik. Contohnya dengan pendapatannya tadi yang tumbuh sekitar 7,5 persen dari tahun sebelumnya.

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Berawal dari Koperasi, DZ Bank Tumbuh Jadi Bank Besar di Jerman

        Sementara itu, yang paling menakjubkan adalah profit atau keuntungan yang dikantongi pada 2020 --di tengah situasi pandemi Covid-19-- meroket 108,4 persen. Hasilnya, laba Nike meningkat menjadi 4,02 miliar dolar dari tahun sebelumnya. Bukan cuma itu, pada gilirannya ia mengelola aset dengan total 23,71 miliar dolar.

        Di sisi lain, Forbes, menuliskan nama Nike dalam daftar perusahaan dengan merk (jenama) paling berharga di dunia tahun 2020. Dalam "World's Most Valuable Brands" itu, Nike menempati peringkat ke-13, dengan total nilai jenama (brand value) 39,1 miliar dolar, dengan pertumbuhan dalam setahun sekitar 6 persen. Di kategori apparel, pendapatan jenama itu (brand revenue) di angka 39,3 miliar dolar.

        Lantas, bagaimana perjalanannya? Dengan mengutip Success Story, The Street, dan Interesting Engineering, akan diulas kisah perusahaan raksasa Nike dimulai dari awal pembentukannya. 

        Nike sebelumnya dikenal sebagai Blue Ribbon Sports (BRS) didirikan tahun 1964 oleh Phil Knight dan Bill Bowerman. Phil Knight adalah pelari jarak menengah yang berasal dari Portland yang dilatih di bawah pelatih atletik Bill Bowerman. Sementara Bowerman sedang mencari cara untuk meningkatkan kinerja muridnya dan mencoba memperbaiki sepatu mereka di waktu luangnya.

        Dia mencoba banyak kombinasi yang berbeda tetapi mereka tidak terlalu berhasil. Sementara itu mahasiswanya Phil Knight melanjutkan untuk menyelesaikan MBA di bidang Keuangan dari Universitas Stanford. Di sana ia menulis sebuah tugas yang menyarankan pembuatan sepatu di Jepang yang akan membantu pengecer bersaing dengan merek Jerman yang sudah mapan.

        Perusahaan ini awalnya menjabat sebagai distributor AS untuk sepatu lari yang dibuat oleh perusahaan Jepang Onitsuka Tiger (alias Asics). Dia sendiri memutuskan untuk mengimpor sepatu dari Jepang dan menjualnya di daerah setempat.

        Dia mencoba menjual stok sepatu awalnya kepada pelatih sebelumnya Bowerman tetapi dia tertarik untuk bergabung dengannya dan mereka memutuskan untuk menjadi mitra yang setara. Meskipun bisnis mulai lambat, pada tahun 1965 penjualan telah mencapai 20.000 dolar yang mengesankan.

        Ketika bisnis mereka didirikan sekarang, mereka mencoba meluncurkan lini sepatu mereka sendiri. Setelah bertahun-tahun berjuang, pada tahun 1971 mereka menghasilkan sepatu latihan beban yang lebih ringan yang memiliki sol luar dengan nubs tipe wafel untuk traksi. Mereka memulai debut sepatu pelatihan mereka di U.S. Track & Field Trials tahun 1972.

        Baca Juga: Raksasa Farmasi Pfizer Mulai Produksi Vaksin buat Varian Omicron

        Duta merek pertama mereka adalah Steve Prefontaine, yang selama karir kuliahnya 1969-1972 membuat tujuh rekor Amerika dari 2.000 m ke 10.000 m. Tak lama kemudian mereka meluncurkan teknologi Nike Air pada tahun 1979.

        Hal ini mampu semakin mengukuhkan status mereka sebagai pesaing yang sukses dalam persaingan yang ada. Pertumbuhan yang dialami Nike sangat luar biasa selama tahap ini yang membuat mereka melakukan Penawaran Umum Perdana pada akhir tahun 1980.

        Segera merek mereka menjadi sangat populer di kalangan pecinta kebugaran. Dan pada tahun 1982 mereka telah menjadi pemasok No.1 untuk sepatu atletik/latihan di Amerika.

        Logo merek Nike 'Swoosh' dan tagline 'Just Do It' telah menjadi simbol yang umum dikenali di rumah tangga Amerika. Pada tahun 1985, mereka melanjutkan untuk merancang sepatu tanda tangan untuk rookie NBA bernama Michael Jordan dan popularitasnya yang meningkat membuat penjualan Nike memecahkan rekor baru.

        Segera Nike pindah ke merancang pakaian dan aksesoris pelatihan silang lainnya. Mereka menandatangani berbagai tim internasional seperti tim sepak bola Brasil, tim sepak bola pria dan wanita AS. Pada tahun 1996, sekali lagi mereka mendaftarkan pegolf rookie Tiger Woods dengan jumlah 5 juta dolar per tahun. Dan sisanya seperti yang mereka katakan, adalah sejarah.

        Nike terus meluncurkan edisi baru sepatu pelatihan tengara mereka. Mereka mengembangkan Nike Shox pada tahun 2000 yang diterima dengan sangat baik di seluruh dunia. Saat ini Nike adalah kerajaan besar yang menggabungkan berbagai olahraga seperti tenis, baseball, sepak bola, kriket, dan atletik.

        Keinginan Bill Bowerman untuk menemukan solusi yang lebih baik dan inovasi bisnis Phil Knight telah menjadikan Nike salah satu perusahaan yang paling menguntungkan dan dikenal di planet ini.

        Pada tahun 2012, pendapatan tahunannya mencapai lebih dari 24 miliar dolar. Nike mengakuisisi perusahaan-perusahaan yang sedang menuju kesuksesan, dan mereka juga telah menjual sebagian besar dari mereka. Salah satu perusahaan tersebut adalah Umbro.

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Deere, Pencipta Mesin Pertanian hingga Alat Berat dari Tangan Montir

        Sekarang, Nike memiliki dua anak perusahaan, Converse Inc dan Hurley International. Nike mensponsori beberapa pemain sepak bola, tenis, dan bola basket. Mereka juga memiliki lini sepatu khusus untuk atlet. Nike mempekerjakan lebih dari 44.000 orang dan mereknya saja bernilai hampir 10 miliar dolar.

        Keberhasilan Nike merupakan hasil dari inovasi yang konstan dan investasi tepat waktu yang telah menghasilkan keuntungan senilai ratusan juta dolar setiap tahun.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Muhammad Syahrianto
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: