Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Guys! Begini 5 Tips Memilih Jasa Ekspedisi bagi Pelaku UMKM

        Guys! Begini 5 Tips Memilih Jasa Ekspedisi bagi Pelaku UMKM Kredit Foto: Ninja Xpress
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Semakin bertumbuhnya ekosistem bisnis online di kalangan UMKM belakangan ini membuat peran jasa pengiriman atau ekspedisi di Indonesia semakin penting.

        Ketika hendak membuka bisnis online, penting bagi Anda untuk memilih dan menggunakan jasa ekspedisi sebagai pihak yang mengantarkan produk Anda langsung ke konsumen.

        Namun, sebelum menggunakan jasa ekspedisi, Anda harus memilih jasa yang tepat dan sesuai. Bahkan pemilihan jasa pengiriman yang tepat mempengaruhi loyalitas pelanggan bisnis Anda.

        Tidak sedikit ketepatan waktu pengiriman dan keamanan mempengaruhi keputusan pelanggan untuk melakukan repeat order.

        Untuk membantu Anda menggunakan jasa ekspedisi yang tepat, berikut beberapa tips dalam memilih jasa ekspedisi bagi pelaku UMKM, seperti dirangkum, Selasa (26/4/2022).

        Baca Juga: Dukung Pelaku UMKM Indonesia, ShopeePay dan ukmindonesia.id Luncurkan Buku Panduan Gratis

        Tips Memilih Jasa Ekspedisi bagi Pelaku UMKM

        1. Pilih yang Sesuai dengan Jenis Bisnis yang Dijalankan

        Para pelaku UMKM yang menjual produknya secara online bukan hanya barang jadi tapi juga menjual produk-produk makanan cepat saji yang tidak bertahan lama.

        Oleh sebab itu, penting bagi para pelaku UMKM yang menjual makanan cepat saji atau produk yang berisiko tinggi untuk bisa memilih layanan pengiriman same day atau pengiriman di hari yang sama.

        Tidak mungkin Anda mengirimkan produk yang cepat rusak dengan layanan pengiriman biasa. Bisa-bisa produk tersebut basi atau rusak selama dalam masa pengiriman.

        Ninja Xpress sendiri memiliki layanan Ninja Sameday, layanan yang memungkinkan Anda bisa mengirim paket di waktu yang sama dengan biaya flat-rate.

        Baca Juga: Pemerintah Daerah Diminta Alokasikan 40 Persen APBD untuk Belanja UMKM

        2. Pilih Jasa Ekspedisi yang Bisa Jemput Paket

        Sering kali pada waktu-waktu tertentu bisnis Anda akan disibukkan dengan berbagai hal dan tidak memiliki waktu untuk mengirim paket ke titik lokasi tempat jasa pengiriman.

        Bahkan, tidak jarang Anda akan memiliki paket pesanan yang cukup banyak sehingga sulit untuk dikirimkan langsung ke titik tempat jasa pengiriman.

        Untuk itu, penting juga bagi Anda untuk memilih jasa pengiriman yang bisa menjemput paket Anda ke lokasi tempat bisnis berada.

        3. Punya Pilihan COD

        COD atau Cash on Delivery adalah metode pembayaran langsung yang dilakukan oleh konsumen kepada kurir atau pengirim tanpa harus membayar melalui metode pembayaran pihak ketiga.

        Adanya pilihan pembayaran COD membuat bisnis Anda bisa lebih dipercaya oleh konsumen. Salah satu jasa pelayanan ekspedisi yang memiliki layanan COD adalah Ninja Xpress.

        Selain Ninja Reguler untuk pengiriman biasa, Ninja Xpress juga memiliki pilihan Ninja COD yang mengakomodasi pembayaran konsumen secara langsung.

        4. Terintegrasi dengan Platform Marketplace

        Marketplace sering kali menjadi pilihan utama bagi para pembeli sebagai tempat untuk berjualan online.

        Pilihlah jasa ekspedisi yang terintegrasi dengan berbagai marketplace besar di Indonesia sehingga mempermudah pengalaman belanja konsumen Anda.

        Bukan hanya itu, biasanya jasa ekspedisi yang terhubung dengan marketplace memiliki penawaran khusus baik bagi seller-nya.

        Misalnya Ninja Xpress yang memiliki penawaran cashback hingga 20% tiap bulannya yang berlaku tiap pengiriman menggunakan Ninja Xpress.

        5. Pastikan Jasa Ekspedisi Punya Sistem Customer Service yang Andal

        ketepatan waktu dan kondisi produk saat dikirim sering menjadi perhatian bagi konsumen. Tidak sedikit konsumen yang akan menanyakan kondisi paketnya saat ini.

        Pastikan jasa ekspedisi yang Anda pilih memiliki sistem customer service yang cepat tanggap dan mampu mengakomodasi setiap masalah yang dikeluhkan oleh konsumen.

        Dengan sistem customer service pengiriman paket yang baik, secara tidak langsung juga menjadi cerminan baik bagi bisnis Anda.

        Call Center Ninja Xpress bisa dibilang memiliki layanan customer service yang andal dan cepat tanggap. Salah satunya melalui Ninja Chat.

        Melalui layanan Ninja Chat, Anda bisa menghubungi agen Ninja Xpress kapan pun dan di mana pun melalui platform chat website, Telegram, Messenger, dan Vibe.

        Anda juga akan mendapatkan notifikasi pengiriman secara real-time melalui layanan Ninja Chat.

        Itulah beberapa tips memilih jasa ekspedisi bagi para pelaku UMKM. Sebagai layanan jasa ekspedisi di Indonesia, Ninja Xpress terus berkomitmen untuk bisa memenuhi berbagai kebutuhan pengiriman para pelaku UMKM di Indonesia melalui layanan yang fleksibel, cepat, dan akurat.

        Daftar Ninja Xpress segera dan jadi mitra pelanggan untuk mendapatkan berbagai fasilitas dan kompensasi yang mampu mendukung bisnis Anda.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Vicky Fadil

        Bagikan Artikel: