Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Perusahaan Raksasa: Kuasai Pangsa Pasar, Linde Penyalur Gas Industri Terbesar di Dunia

        Kisah Perusahaan Raksasa: Kuasai Pangsa Pasar, Linde Penyalur Gas Industri Terbesar di Dunia Kredit Foto: Reuters/Rod Nickel
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Linde Plc adalah perusahaan multinasional asal Inggris yang bergerak dalam bidang kimia. Bisnis utama perusahaan adalah manufaktur dan distribusi gas atmosfer, termasuk oksigen, nitrogen, argon, gas langka, dan gas proses, termasuk karbon dioksida, helium, hidrogen, amonia, gas elektronik, gas khusus, dan asetilen.

        Linde adalah salah satu perusahaan raksasa Global 500 tahun 2020 menurut Fortune, dengan total pendapatan (revenue) 28,67 miliar dolar AS. Ia menjadi perusahaan gas industri terbesar di dunia berdasarkan pangsa pasar dan pendapatan.

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Xinjiang Guanghui, Konglomerat yang Bermain Banyak Cabang Bisnis

        Dikutip berbagai sumber, pada 1879 didirikan Gesellschaft fur Linde's Eismaschinen Aktiengesellschaft oleh Carl von Linde. Tujuannya untuk mengembangkan lebih lanjut karyanya dalam mengembangkan sistem pendinginan mekanis untuk industri pembuatan bir dan makanan.

        Setelah sukses di pasar ini, ia pindah untuk mengembangkan sistem suhu yang lebih rendah yang dihasilkan pada tahun 1895 dalam paten yang mencakup pencairan udara. Dari pekerjaan ini, perusahaannya mengembangkan peralatan untuk pemisahan udara dan gas lainnya.

        Proses Linde dipatenkan pada tahun 1902 dan segera dimanfaatkan oleh pabrik pemisahan udara skala besar pertama yang dipasang di tempat kerja Linde di Hollriegelskreuth, dekat Munich pada tahun 1903.

        Pada tahun 1906, Carl Von Linde memutuskan untuk memperluas perusahaan ekstraksi oksigennya ke luar negeri, menargetkan Amerika, di mana tidak ada perusahaan lain yang mencoba ekstraksi oksigen skala industri. Bersama dengan Cecil Lightfoot, pada tahun 1907, ia membuka Linde Air Products Factory, pabrik pertamanya di Amerika di Buffalo, New York.

        Selama sepuluh tahun pertama keberadaan perusahaannya, Linde mengambil cuti panjang dari mengajar dan menjadi direktur tunggalnya. Namun, setelah firma itu dalam perjalanan menuju sukses, Linde kembali dan mengarahkan operasinya dari perguruan tinggi. Ia meninggal pada 16 November 1934.

        Akan tetapi, pada tahun 1949, sebuah bengkel mesin baru telah dibangun di fasilitas Surth, dan pada tahun 1960 operasi tersebut telah sepenuhnya dibangun kembali. Segera setelah itu, Linde mendirikan seluruh departemen teknik pendinginan di pabrik ini. Cabang di Surth dan G.H. Walb kemudian digabungkan pada tahun 1964 untuk membentuk divisi peralatan pendingin dan toko tahun 1980-an.

        Sejumlah perkembangan penting terjadi selama paruh pertama tahun 1980-an. Divisi peralatan pendingin dan toko merancang unitnya untuk konservasi energi serta menyesuaikannya secara individual agar sesuai dengan gaya toko kontemporer di seluruh dunia. Lini produk mencakup pilihan lengkap etalase berpendingin dan pembeku, sistem pendingin, serta sistem pemantauan dan kontrol energi.

        Selain pertumbuhan pesanan yang mengesankan dari negara-negara Arab, pengguna industri, yang kebutuhannya berkisar dari switchgears dan transformer hingga ruang komputer dan penyimpanan tempat pembuatan bir, juga berkontribusi pada peningkatan keuntungan bagi Linde.

        Pada pertengahan 1980-an, Linde terdiri dari empat divisi yang dikelola oleh dewan direksi eksekutif di Wiesbaden: divisi peralatan pendingin dan toko; divisi gas industri; divisi rekayasa dan konstruksi pabrik proses; dan divisi peralatan penanganan bahan dan hidrolik.

        Selain itu, pada tahun 1985 divisi ini juga memproduksi truk fork-lift kecil berkapasitas tiga ton yang turut meningkatkan penjualan. Namun, pertumbuhan yang berkelanjutan di bidang ini terbatas karena persaingan, harga yang lebih rendah, dan kelebihan kapasitas di seluruh dunia.

        Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Arrow, Pebisnis Komponen Elektronik dan Komputer Terbesar

        Peningkatan bisnis gasnya selama akhir 1990-an datang melalui akuisisi dan memuncak dengan pembelian AGA AB yang berbasis di Swedia pada awal tahun 2000. Didirikan pada tahun 1904, AGA dalam sebagian besar sejarahnya merupakan perusahaan yang terdiversifikasi.

        Persaingan internasional memaksa perubahan, dan perusahaan membatasi diri pada bisnis gas yang dimulai pada 1980-an. Pada tahun 1999, AGA memegang posisi pasar yang kuat di Eropa dan Amerika Utara dan Selatan. Volume penjualannya adalah EUR 1,6 miliar. Karyawan berjumlah 9.500 orang.

        Akuisisi tersebut menghasilkan pembentukan kelompok gas industri terbesar kedua di Eropa, memegang sekitar seperempat pasar. Pembelian AGA juga meningkatkan pangsa pasar Linde di Amerika Latin untuk gas industri menjadi 20 persen.

        Menurut artikel Chemical Week April 2002, Linde menduduki peringkat keempat di antara produsen gas industri utama dunia, terikat dengan Air Products and Chemicals, dan di belakang Air Liquide, BOC, dan Praxair.

        Label harga 3,8 miliar dolar AS untuk AGA menahan setiap akuisisi besar oleh Linde selama beberapa tahun ke depan. Chemical Week melaporkan perusahaan akan berkonsentrasi pada pengurangan utang dan meningkatkan penjualan di pasar perawatan kesehatan dan produksi hidrogen yang tumbuh tinggi.

        Linde ditantang oleh kondisi ekonomi di Eropa selama tahun 2003. Mengingat hal ini, perusahaan berfokus pada perbaikan internal sambil memperluas dirinya lebih jauh ke pasar global.

        Pada musim semi 2004, Linde menjual bisnis pendinginannya ke Carrier Corporation yang berbasis di AS. Kesepakatan itu ditutup pada September 2004, mengakhiri lini bisnis yang didirikannya. Penjualan tersebut membebaskan Linde untuk fokus pada masa depan Gas dan Teknik dan Penanganan Material, baik segmen bisnis yang menguntungkan dan terkemuka di dunia.

        Pada gilirannya, Perusahaan ini dibentuk oleh penggabungan 2018 Linde AG dari Jerman (didirikan pada tahun 1879) dan Praxair (didirikan pada tahun 1907 sebagai Linde Air Products Company) dari Amerika Serikat. Perusahaan induk yang dihasilkan didirikan di Irlandia, dengan kantor eksekutif utama di Guildford, Inggris.

        Perusahaan ini adalah anggota Dewan Hidrogen, sekelompok perusahaan yang berinvestasi di kendaraan hidrogen. Perusahaan mengharapkan kendaraan hidrogen untuk bersaing dengan kendaraan listrik dan telah berinvestasi di pembangkit listrik tenaga angin yang mengubah air menjadi hidrogen.

        Linde adalah perusahaan gas industri terbesar di dunia berdasarkan pangsa pasar dan pendapatan. Ini melayani pelanggan dalam perawatan kesehatan, penyulingan minyak bumi, manufaktur, makanan, minuman karbonasi, serat optik, pembuatan baja, aerospace, peralatan penanganan material (MHE), bahan kimia, elektronik dan industri pengolahan air.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Muhammad Syahrianto
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: