Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Cara Membuat Brand Bisnis Kuliner Berbeda dari yang Lainnya

        Cara Membuat Brand Bisnis Kuliner Berbeda dari yang Lainnya Kredit Foto: Unsplash/Jacky Tan
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Begitu banyak bisnis kuliner di pasaran pastinya akan membuat kamu kesulitan menentukan diferensiasi atau hal pembeda apa yang perlu kamu bawa di brand kamu. Tapi, jangan khawatir, COO Foodizz, Stefanie Kurniadi punya 8 tips yang akan menjadikan brand kamu berbeda dengan yang lainnya. Berikut ulasannya!

        1. Buat nama brand yang mudah diingat dan menarik untuk target market

        Pahami target market kita, buat nama yang menarik, mudah diingat dan unik, tetapi jangan sampai berkonotasi negatif untuk target market kita. Sehingga, nama kita lebih melekat diingatan mereka.

        2. Punya icon di logo yang menjadi ciri khas

        Buat icon unik yang dimasukkan ke logo kita. Icon akan menjadi sebuah simbol yang melekat di logo kita sehingga menjadi ciri khas yang melekat dengan brand kita. Sesuaikan dengan target market kamu ya!

        Baca Juga: Gautam Adani Dituding Jadi Orang Terkaya Asia Lewat Bisnis yang Dibangun Melalui Penipuan Selama Puluhan Tahun!

        3. Jenis tulisan mudah dibaca

        Saat membuat nama atau logo brand, pastikan jenis tulisannya mudah dibaca. Ini karena target market kita hanya memiliki waktu beberapa detik untuk membaca dan melihat brand kita. Sehingga, dibutuhkan jenis tulisan yang mudah dibaca dengan tulisan yang tebal-tebal sehingga dari jauh pun dapat terbaca.

        4. Warna yang sesuai dengan konsep dan konsisten digunakan

        Istilah kerennya adalah brand color, dan ini harus dimiliki setiap bisnis. Ini adalah warna yang akan mencirikan atau menggambarkan brand kamu. Warna yang ditentukan pun harus sesuai dengan konsep, target market, dan harus digunakan secara konsisten. Pemilihan warnanya pun cukup 1-2 warna.

        5. Punya wow faktor dari sisi produk

        Kamu harus selalu punya 'wow faktor' dari produk yang kamu miliki. Jangan sampai membuat produk yang biasa-biasa saja atau bahkan sudah pernah dilihat oleh mereka sebelumnya.

        6. Buat tagline

        Tagline adalah tulisan singkat yang bisa dituliskan di bawah logo. Tagline juga bisa dituliskan di sosial media, dan di manapun brand kamu berada. Tagline bisa menjadi positioning untuk meletakkan bisnis kuliner di antara bisnis lainnya.

        7. Rutin membuat aktivitas yang wow

        Buatlah aktivitas atau konten yang menarik, wow dan bisa membuat viral. Misalnya, kamu jualan kue brownies yang ketika dipotong akan ada emas batangnya. Ini akan menarik konsumen baru, dan meningkatkan loyalitas konsumen yang ada.

        8. Konsep layanan yang unik

        Konsep layanan yang unik bisa bermacam-macam. Misalnya, membuat panggilan yang unik untuk para konsumen sehingga membuat trademark tertentu.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajria Anindya Utami
        Editor: Fajria Anindya Utami

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: