Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        The Power of Ultimate Service Culture: Membangun Keterikatan Emosional dengan Pelanggan sebagai Kunci Utama Bisnis Bisa Sukses

        The Power of Ultimate Service Culture: Membangun Keterikatan Emosional dengan Pelanggan sebagai Kunci Utama Bisnis Bisa Sukses Kredit Foto: WE
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Iin Supriyatin Ramli, Konsultan pelayanan dan trainer profesional yang tersertifikasi  meluncurkan buku The Power of Ultimate Service Culture yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama pada Hari Sabtu (17/6). Buku ini berisi segala informasi yang dibutuhkan para pemilik usaha, karyawan serta individu lainnya yang ingin memberikan pelayanan pelanggan diatas level excellent (Ultimate Service Level). 

        Tiga tahun belakangan, kita semua mengalami masa -masa perubahan yang begitu cepat, Adanya pandemi, eranya VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity), kita disadarkan bahwa tidak ada sesuatu yang pasti dan abadi melainkan perubahan. Orang / perusahaan yang tidak cepat beradaptasi dan mempersiapkan diri untuk berubah, akan dipaksa berubah oleh keadaan seperti terjadinya pandemi yang memaksa kita untuk cepat beradaptasi dengan keadaan.

        Meskipun Covid telah berlalu,  namun kebiasaan masyarakat yang telah berubah yaitu ingin serba cepat, serba mudah, serba aman, serba nyaman membuat persaingan diberbagai industri semakin tajam untuk memenangkan hati para pelanggannya.

        Tidak cukup hanya kepuasan dari pelanggan namun keterikatan secara emosional lah yang akan menentukan kesuksesan sebuah bisnis, Kita dapat membangun keterikatan emosional dengan pelanggan jika kita mambu menjadikan para pelanggan kita sebagai sahabat, mencari tahu serta memahami apa yang dibutuhkan, memenuhi harapannya dan meminimalisasi apa yang tidak disukai oleh pelanggannya, mampu menghadirkan solusi tanpa diminta, serta mampu menyelesaikan keluhan pelanggan hingga tuntas.

        Lewat buku The Power of Ultimate Service Culture, penulis Iin Supriyatin Ramli membagikan pengalamannya selama lebih dari 16 tahun di dunia pelayanan pelanggan dengan membangun sebuah konsep bernama Ultimate Service. Konsep ini bertujuan untuk membangun engaging customer di berbagai industri, yang artinya pelanggan bukan hanya merasa puas dengan layanan yang diberikan, tapi juga memiliki kerinduan untuk terus menjumpai sistem pelayanan pelanggan dari bisnis tersebut, yang ujungnya kemudian menjadi pelanggan setia dan enggan berpindah ketempat lain.

        Buku ini lahir dari panggilan jiwa dan pengalaman nyata sang penulis yang telah membagikan ilmunya untuk membangun Ultimate Service Culture di banyak industri, mulai dari perbankan, lembaga pemerintahan, lembaga permasyarakatan, rumah sakit, dan masih banyak lagi.

        Melalui buku ini, Iin juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk memiliki perilaku melayani, menjadi negara yang penuh keramahan, penuh senyum dan ketulusan, kepekaan terhadap perubahan masa/era/zaman dengan inovasi yang berfokus pada pelanggan, kedisiplinan, selalu mendengar, dan menghormati orang lain. 

        Telah berkecimpung di industri perbankan selama lebih dari 16 tahun, Iin Supriyatin Ramli memupuk passion dan kecintaan terhadap dunia pelayanan dengan membangun konsep Ultimate Service untuk membangun engaging customer di berbagai industri termasuk lembaga pemerintahan. 

        Iin menemukan panggilan jiwanya untuk menggeluti dunia pelayanan serta berperan memperjuangkan Indonesia sebagai Negara Melayani. Didukung dengan latar belakang Iin dalam pendidikan magister Hospitality Management serta sertifikasi yang mendukung untuk menjadi trainer profesional seperti Badan Sertifikasi Nasional Profesi (BNSP) Indonesia, Mystery Shopping Professional Assosiation Asia Pasific, dan Meta Neuro Linguistic Program USA, buku ini tidak hanya bisa menjadi solusi bagi seluruh industri, korporasi, dan lembaga pemerintahan, tetapi juga menjadi renungan bahwa pada dasarnya kita hidup untuk MELAYANI. 

        “Bacalah buku ini dengan antusias, lalu terapkan dalam hati, pikiran, tindakan, kebiasaan, serta karakter Anda. Apabila kita selalu menunjukkan keramahan, ketulusan, kedisiplinan, kepekaan akan perubahan zaman dengan inovasi yang berfokus pada pelanggan, serta sikap selalu menghormati, kita semua bisa menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang bertumbuh secara eksponensial,” ujar Iin.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Sufri Yuliardi
        Editor: Sufri Yuliardi

        Bagikan Artikel: