Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Antusiasme Tinggi, Pertamina Ajak Media Ikuti Anugerah Jurnalistik Pertamina 2024

        Antusiasme Tinggi, Pertamina Ajak Media Ikuti Anugerah Jurnalistik Pertamina 2024 Kredit Foto: Pertamina
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        PT Pertamina (Persero) melakukan edukasi dan sosialisasi kegiatan Anugerah Jurnalistik Pertamina 2024 (AJP) kepada media massa wilayah Jawa Timur, Bali, serta Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur (Jatimbalinus). Sosialisasi dilakukan di Surabaya, Kamis (12/9/2024), secara tatap muka dan online, sehingga dapat diikuti oleh ratusan Insan Media dari berbagai provinsi tersebut. 

        Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan AJP 2024 merupakan ajang jurnalistik tahunan dari Pertamina, sebagai apresiasi untuk Insan Media di seluruh Indonesia yang telah membuat karya jurnalistik berkualitas bagi publik. Sosialisasi AJP saat ini gencar dilakukan Pertamina Group di berbagai wilayah, untuk mempererat hubungan Pertamina dengan media sekaligus memberi informasi terkini perkembangan bisnis Pertamina Group. 

        “Pada kegiatan sosialisasi AJP, Pertamina tak hanya menginformasikan kegiatan AJP yang kini tengah digelar, namun juga menjadi sarana Pertamina Group untuk memberikan info perkembangan bisnisnya masing-masing supaya media memiliki pengetahuan mendalam terkait Pertamina," jelasnya dalam keterangan tertulis. 

        Baca Juga: Ratusan Jurnalis Ikuti Sosialisasi Anugerah Jurnalistik Pertamina 2024

        Turut hadir secara langsung berbagai entitas Pertamina Grup yang berada di wilayah Jatimbalinus, di antaranya Pertamina Hulu Energi (PHE), Regional Indonesia Timur PT Pertamina EP Cepu (PEPC), Pertamina Patra Niaga Pemasaran V Jatimbalinus, SOR 3 Perusahaan Gas Negara, serta Pertamina International Shipping. 

        Eviyanti Rofraida, Sr Manager External Communications & Stakeholder Relations PHE memaparkan Jawa Timur menjadi salah satu wilayah penghasil gas terbesar di Indonesia. Salah satunya melalui Lapangan Jambaran Tiung Biru (JTB) yang dikelola oleh anak usahanya yakni PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina. JTB mencatatkan kapasitas produksi full hingga 192 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD). Pada saat ini produksi gas JTB sudah terserap sekitar 125 MMSCFD.

        Dengan capaian ini, PEPC JTB siap menyalurkan gas secara optimal ke industri di Jawa Timur dan utamanya Jawa Tengah seiring pengembangan pembangunan pipa gas Cirebon Semarang. 

        Sementara dari bisnis pemasaran Pertamina, Ahad Rahedi Area Manager Communication Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus menjelaskan berbagai program serta inovasi yang dijalankan seperti program Subsidi BBM Tepat Sasaran sesuai regulasi Pemerintah, yakni untuk BBM jenis Solar dan Pertalite. 

        Baca Juga: Inovatif dan Kreatif, Pertamina UMK Academy Jadi Program Pemberdayaan Berkelanjutan versi Marketeers Editor’s Choice Award 2024

        Di sektor laut, inovasi dijalankan Pertamina International Shipping (PIS) sebagai Sub Holding Integrated Marine Logistics (SH IML) yang memiliki peran penting sebagai urat nadi virtual untuk menyokong kelancaran distribusi energi nasional. Kapal-kapal PIS memastikan penyaluran energi secara tepat waktu, efektif, dan efisien. Didukung dengan kehadiran terminal energi dan jasa pelabuhan lainnya, untuk mendukung kelancaran penyediaan dan distribusi energi di seluruh wilayah Indonesia.

        Selain itu, Hamalsyahan selaku Division Head Regional Support & Services SOR 3 Perusahaan Gas Negara (PGN) mengungkapkan, peran PGN sebagai Subholding Gas Pertamina menyalurkan gas bumi yang merupakan energi bersih, ke konsumen akhir. Untuk wilayah PGN SOR 3, konsumennya terdiri dari komersial - industri, pelanggan kecil, dan rumah tangga dengan jaringan gas lebih dari 203 ribu pelanggan. 

        Melalui sosialisasi dan pemberian informasi bisnis terkini, Fadjar berharap media dapat menjadi agen informasi kepada masyarakat terkait akselerasi energi sesuai tema AJP Pertamina 2024 Energizing The Acceleration.

        “Pertamina menantikan karya-karya terbaik dan edukatif dari seluruh insan media untuk dikompetisikan pada AJP 2024,” pungkas Fadjar.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Rahmat Dwi Kurniawan
        Editor: Amry Nur Hidayat

        Bagikan Artikel: