WE Online, Jakarta - PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (kode saham: MPMX), perusahaan konsumer otomotif di Indonesia, mempertahankan momentum pertumbuhan bisnis dengan meraih penjualan sebesar Rp 3,9 triliun pada kuartal I-2015. Pencapaian tersebut meningkat 7% dibandingkan dengan kuartal I-2014 sebesar Rp 3,6 triliun.
Selain itu, laba bersih perseroan juga membaik 32% menjadi Rp 116 miliar selama periode Januari-Maret 2015 dari Rp 87 miliar pada kuartal IV tahun lalu, meskipun menurun 24% dari Rp 152 miliar selama kuartal I tahun 2014.
Menurut Direktur Keuangan MPMX Troy Parwata, perbaikan kinerja MPMX di awal tahun ini didukung oleh kinerja anak-anak usaha yang tetap solid, khususnya kedua sektor distribusi dan ritel serta consumer auto part yang berkontribusi hingga 86% dari total laba bersih perseroan.
"Di tengah perlambatan ekonomi domestik, pencapaian kinerja perusahaan selama kuartal I-2015 cukup baik. Kami percaya dengan fundamental bisnis yang semakin kokoh, perusahaan akan tetap mampu menjaga momentum pertumbuhan bisnis ini hingga akhir tahun," jelas Troy Parwata di Jakarta, Selasa (28/4/2015).
Dia menyebutkan bahwa sepanjang Januari-Maret 2015, bisnis sejumlah anak usaha MPMX berhasil tumbuh di atas industri. Di segmen bisnis distribusi dan ritel kendaraan roda dua, MPMX melalui anak usahanya, yaitu Mulia mampu menjual 215.700 unit kendaraan di Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur, relatif stabil dibandingkan pencapaian pada kuartal I-2014.
"Jika dibandingkan industri, kinerja Mulia sangat positif mengingat data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menunjukkan penjualan motor secara nasional pada kuartal I-2015 turun 17,2% menjadi 1,6 juta unit," imbuhnya.
Sementara itu, pada bisnis distribusi dan ritel kendaraan roda empat, selama tiga bulan pertama tahun 2015 MPMAuto mampu menjual sebanyak 623 unit mobil Nissan-Datsun melalui lima diler yang telah beroperasi, dibandingkan dengan total penjualan 1.382 unit mobil sepanjang tahun 2014. Di bisnis consumer auto parts, salah satunya melalui Federal Karyatama (FKT) yang dikenal dengan oli dengan merk Federal Oil, MPMX mampu memperkuat posisinya di pasar oli nasional.
"Pertumbuhan laba bersih di kuartal I-2015 naik 57% dibandingkan kuartal IV 2014 atau naik 7% dibandingkan dengan kuartal I-2014. Untuk mengoptimalkan pasar otomotif, FKT juga telah meluncurkan oli khusus mobil dengan merek Federal Mobil yang kini sudah tersebar di 500 jaringan toko di seluruh Jakarta dan sekitarnya," paparnya.
Adapun di segmen jasa kendaraan, melalui anak usahanya yaitu MPMRent, MPMX mempertahankan jumlah kendaraan sebanyak 14.300 unit, seiring pertimbangan bisnis grup untuk menjaga aliran dana keluar masuk (cash flow) serta perbaikan operasional.
Sedangkan pada sektor keuangan, MPMFinance berfokus pada kualitas pembiayaan dan menjaga rasio kredit bermasalah (NPL) stabil di level 2,6%. Adapun MPMInsurance, mencatatkan gross premium sebesar Rp 40,9 miliar atau menanjak 70% dan laba bersih melonjak 131% menjadi Rp 6,8 miliar dibandingkan tahun lalu.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo
Tag Terkait: