Facebook dan Instagram Luncurkan Opsi Langganan Bebas Iklan di Inggris
Kredit Foto: Unsplash/dole777
Meta Platforms mengumumkan akan meluncurkan opsi berlangganan bebas iklan untuk pengguna Facebook dan Instagram di Inggris.
Dilansir Senin (29/9), Meta mengatakan bahwa layanan ini akan memberi penggunanya pilihan untuk membayar biaya bulanan atau tetap menggunakan layanan secara gratis dengan iklan yang ditargetkan. Adapun model bisnis berbasis iklan tersebut semakin mendapat sorotan dari regulator di Eropa.
Baca Juga: Iklan Penipuan Resahkan Warga, Singapura Ancam Denda Facebook S$1 Juta
Meta menetapkan biaya berlangganan sebesar £2,99 per bulan untuk akses via web dan £3,99 per bulan untuk perangkat iOS dan Android. Hal tersebut mengikuti langkah serupa yang sudah diterapkan di Uni Eropa.
Pengumuman ini datang setelah otoritas perlindungan data setempat menyatakan keprihatinan mengenai cara platform digital menangani informasi pribadi pengguna untuk keperluan iklan.
Meta menyebut, opsi bebas iklan dirancang untuk memberi pengguna lebih banyak kendali atas pengalaman daring mereka, sekaligus menjaga kemampuan perusahaan untuk tetap menyediakan layanan gratis yang didukung oleh iklan.
Pengguna yang memilih paket berlangganan tidak akan melihat iklan dan data pribadi mereka tidak akan digunakan untuk tujuan periklanan.
Perubahan ini mencerminkan tren yang lebih luas di industri teknologi karena perusahaan-perusahaan menghadapi tekanan regulator terkait penggunaan data pribadi dan iklan yang ditargetkan.
Baca Juga: Iklan Pinjol Ilegal Marak, Negara Jangan Hanya Diam Saja!
Sebelumnya, Apple dan Google juga melakukan penyesuaian kebijakan untuk merespons tuntutan privasi yang mengubah lanskap periklanan daring.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Aldi Ginastiar
Tag Terkait: