WE Online, Jakarta - Memasuki tahun ketiga Penawaran Umum Saham (IPO) yang dibuka?pada bulan Mei 2012, PT Supra Boga Lestari Tbk semakin memantapkan posisinya sebagai salah?satu supermarket dengan pertumbuhan tercepat. Hal tersebut dipaparkan dalam agenda Rapat?Umum Pemegang Saham (RUPS) dan Public Expose di Double Tree by Hilton Hotel pada Rabu, (17/6/2015).
Pendapatan bersih Perseroan tahun 2014 adalah sebesar Rp. 1,6 triliyun naik 26,4% dari tahun?sebelumnya. Kenaikan pendapatan bersih ini didorong oleh 9,5% same store sales growth dan?penambahan 3 toko baru (Farmers Market Bintaro Exchange, Farmers Market Grand Wisata?Bekasi dan Farmers Market Jababeka). Hingga akhir tahun 2014, Perseroan telah?mengoperasikan 25 toko, yang terdiri dari 11 toko Ranch Market dan 14 toko Farmers Market.
Margin laba bersih tahun 2014 turun menjadi 0.6% dari 2.6% di tahun 2013. Penurunan marjin?laba bersih tersebut lebih di karenakan kerugian dari entitas anak, PT Bahagia Niaga Lestari?(Ministop), yang mulai beroperasi dengan dibukanya Ministop pertama pada semester kedua?tahun 2013. Pengembangan format Minsitop membutuhkan waktu yang panjang dan?memerlukan penyesuaian dari waktu ke waktu sampai dapat menyesuaikan keinginan dan?selera pelanggan, disamping tantangan kompetisi yang semakin keras, harga sewa properti?yang tinggi terutama di Jakarta, dan pemilihan lokasi-lokasi strategis.
Untuk tahun 2015 Perseroan telah memiliki 3 lokasi toko baru di Jakarta dan Surabaya. Sampai?dengan kuartal 1 2015 ini, Perseroan telah menambah 2 toko Ranch Market di Surabaya dan?Serpong sehingga jumlah toko yang telah dibuka menjadi 27 toko, 1 toko baru akan di buka?pada semester 2 tahun 2015.
Pada kuartal 1 2015 ini Perseroan telah meluncurkan mobile applikasi online shopping yang?bernama "Happy Fresh". Program online shopping ini di tujukan untuk memberikan kemudahan?bagi pelanggan yang sibuk untuk dapat berbelanja kebutuhannya dengan online shopping.
Di tahun 2014, selama 2 tahun berturut-turut, Perseroan menerima penghargaan sebagai salah?satu "Most Admired Company In Indonesia" melalui survey yang diselenggarakan oleh majalah?Bloomberg Businessweek Indonesia dan majalah Swa. Penghargaan ini selain membanggakan,?juga memberikan motivasi untuk semakin dekat dalam mewujudkan Visi Perseroan : To become?the most respected, loved, and trusted thought leader in Indonesia?s supermarket industry.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Achmad Fauzi
Editor: Achmad Fauzi
Tag Terkait: