Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dengan Tagline #BekasJadiDuit, OLX Cegah Masyarakat Bongkar Tabungan

Warta Ekonomi, Jakarta -

Lebaran menjadi puncak dari pengeluaran belanja masyarakat Indonesia. 45% masyarakat mengaku pengeluaran belanja mereka dua kali lebih tinggi saat Lebaran. Hal ini dilansir melalui survei kecil yang dilakukan oleh OLX Indonesia di sosial media.

Tingginya tingkat pengeluaran belanja di saat Lebaran, membawa masyarakat pada keadaan keuangan yang lebih sulit setelahnya. 69% responden survei menyatakan bahwa mereka mengharapkan adanya dana tambahan.

Cara paling yang umum digunakan untuk mendapatkan tambahan dana adalah dengan menggunakan tabungan. Padahal, selayaknya tabungan digunakan untuk rencana jangka panjang.

Chief Marketing Officer OLX Indonesia, Edward Kilian mengatakan OLX melihat hal ini sebagai sebuah kondisi di mana masyarakat mulai berpikir untuk mengembalikan 'ongkos' Lebaran yang sudah dikeluarkan secara habis-habisan.

"Entah ongkos mudik atau sekadar membeli baju baru," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (29/7/2016).

Melihat kondisi ini, OLX memperkenalkan program #BekasJadiDuit. Program ini mengajak masyarakat untuk mengembalikan 'ongkos' tersebut dengan menjual barang-barang bekas yang secara fungsional masih baik, tetapi sudah tidak digunakan lagi.

"Kita tidak ingin rencana jangka panjang masyarakat terganggu untuk mengembalikan 'ongkos' Lebaran," imbuhnya.

Agar lebih meriah, OLX membuat kompetisi #BekasJadiDuit di sosial media. Kompetisi ini diadakan mulai tanggal 13 Juli hingga 12 Agustus 2016 secara daring di situs OLX.co.id. Masyarakat dapat memenangkan hadiah seperti motor Yamaha Mio, Smart TV, gadget, dan saldo OLX dengan memasang iklan di OLX.co.id.

Selama kompetisi berlangsung, masyarakat dapat memasang iklan sebanyak-banyaknya untuk kategori otomotif, gadget, olahraga, kebutuhan rumah tangga, dan juga fashion. Setiap iklan yang ditayangkan akan mendapatkan satu poin dari OLX. Pemenang dari kompetisi adalah pemilik poin tertinggi yang akan diumumkan tanggal 18 Agustus 2016, di akun Facebook dan Twitter OLX.

Berdasarkan survei 61% masyarakat mengatakan dapat dengan mudah menemukan minimal tiga barang dalam kondisi baik tetapi sudah tidak digunakan lagi. Melalui program #BekasJadiDuit, barang bekas tersebut dapat menghasilkan dana tambahan, sekaligus memberi kesempatan untuk memenangkan hadiah dari OLX.

"Dengan menjual barang bekas masyarakat telah memberikan kesempatan bagi orang lain untuk memiliki barang yang diinginkan dengan harga terjangkau. Jadi, barang bekas itu bisa jadi berkah untuk kita semua," pungkas Edward.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Leli Nurhidayah
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: