Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Telkomsel Sumbagut Lakukan Uji Coba Penyaluran Non-Tunai Melalui TCASH

Telkomsel Sumbagut Lakukan Uji Coba Penyaluran Non-Tunai Melalui TCASH Kredit Foto: Runni Lubis
Warta Ekonomi, Medan -

Telkomsel bekerja sama dengan BTPN melakukan uji coba penyaluran non-tunai bantuan sosial pemerintah melalui layanan TCASH Ekstra-BTPN Wow!. Untuk kota Medan uji coba kali ini merupakan tahap kedua dari uji coba yang sebelumnya sudah dilakukan di kota Medan, Jakarta, Bogor, serta Solo pada bulan Agustus 2016, dan merupakan bentuk dukungan Telkomsel kepada pemerintah dalam percepatan keuangan inklusif (financial inclusion) dan Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT) melalui teknologi informasi.

Untuk kota Medan, uji coba penyaluran nontunai bantuan sosial pemerintah dilakukan di Kelurahan Matsum II & Kelurahan Matsum IV, Medan (Sumatera Utara). Kegiatan yang sama juga dilakukan di Gajahan, Surakarta (Jawa Tengah), Kelurahan Kp. Rambutan, dan Kelurahan Kelapa Dua Wetan (Jakarta Timur).

"Kami mendapat respons yang baik dalam pelaksanaan uji coba ini. 98% penerima manfaat berpartisipasi dalam pencairan bantuan sosial tahap pertama di mana sebagian besar penerima manfaat merasa mekanisme yang ditawarkan lebih mudah, cepat, bisa dicairkan kapan saja dibutuhkan di agen terdekat. Selain itu, jenis pangan dapat dipilih sehingga penerima manfaat bisa mendapatkan pangan dengan kualitas lebih baik," kata General Manager Sales Region Sumbagut Telkomsel Nurcahyo Priyadi di Medan, Kamis (6/10/2016).

Nurcahyo menjelaskan sebanyak 34 agen BTPN Wow! telah ditunjuk untuk dapat melayani pencairan dana ke lebih dari 1.500 penerima manfaat uji coba. Hal ini merupakan bagian dari persiapan implementasi penyaluran non-tunai bantuan sosial dan pangan tahun 2017 oleh pemerintah kepada 15 juta penerima manfaat. Sosialisasi layanan pun dilakukan secara menyeluruh dengan melibatkan pihak kelurahan dan agen agar masyarakat dapat betul-betul merasakan manfaat dari layanan yang ditawarkan.

Uji coba yang dilakukan Telkomsel dan BTPN bersama dengan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) ini memanfaatkan rekening BTPN Wow! sebagai saluran bagi para penerima manfaat untuk mendapatkan dan menyimpan bantuan sosial yang dikirimkan secara non-tunai.

Sementara itu, akun TCASH merupakan saluran bagi penerima manfaat untuk dapat melakukan pencairan dana bantuan pangan. Dalam uji coba di tahun 2016, TNP2K melakukan uji coba terhadap tiga pilihan teknologi penyaluran non-tunai yakni teknologi berbasis kartu, berbasis simcard, dan berbasis NFC (near field communication).

Layanan NFC ini memberikan banyak kemudahan kepada penerima manfaat dalam bertransaksi cukup menempelkan (tap) di handphone NFC agen (EDC). Transaksi TCASH juga aman karena menggunakan PIN enam digit untuk memproteksi transaksinya.

"Penerima manfaat juga dapat secara langsung mengetahui informasi terkait bantuan sosial dari ponselnya, seperti notifikasi distribusi bantuan sosial, jumlah dana bantuan, dan histori transaksi," ujarnya.

Sedangkan dari sisi pemerintah, Nurcahyo menjelaskan bahwa layanan ini akan meningkatkan efektivitas distribusi dana bantuan menjadi lebih tepat sasaran, tepat waktu, tepat jumlah, tepat administrasi, mengurangi risiko kebocoran, dan dapat dilakukan kapan saja secara non-tunai. Proses pengambilan dalam rupa uang atau barang dapat dilakukan dengan mudah di warung merchant TCASH maupun agen BTPN Wow! yang tersebar luas di lingkungan penerima dana bantuan.

"Melalui layanan mobile payment yang berbasis teknologi informasi ini, lebih jauh lagi Telkomsel dapat membantu pemerintah untuk mendapatkan profil penyaluran bantuan sosial sehingga pemerintah dapat memastikan keakuratan distribusi yang dilakukan," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Khairunnisak Lubis
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: