Jika Anda adalah pemilik usaha kecil, Anda mungkin akrab dengan rasa frustrasi yang datang dengan permintaan untuk bantuan manajerial dari tim penjualan Anda. Entah itu pelanggan yang marah karena produk atau kesalahan Anda atau vendor yang meminta potongan harga.
Ketika sesuatu ini menimpa bisnis Anda, itu dapat mengalihkan fokus dan waktu Anda. Tapi, tenang, ada solusi untuk hal itu, yakni pemberdayaan karyawan. Itu salah satu mengubah cara pekerja Anda berinteraksi dengan pelanggan, satu sama lain, dan bisnis secara keselurahan. Modal utama yang harus Anda miliki untuk memberdayakan karyawan Anda adalah kepercayaan.
Berikut adalah beberapa alasan Anda harus mempertimbangkan pemberdayaan karyawan sebagai perubahan permanen dalam strategi bisnis Anda:
1. Karyawan tingkat bawah dapat mengatasi masalah pelanggan dengan benar
Tidak masalah jika Anda seorang jutawan atau pendiri startup baru, kita semua adalah pelanggan ketika kita meninggalkan tempat bisnis kita, dan kita semua pernah mengalami kesengsaraan dari layanan pelanggan yang buruk. Mungkin Anda bahkan keberatan, meminta diskon atau semacam akomodasi, hanya untuk diberitahu bahwa tidak ada yang bisa dilakukan.
Pengalaman tidak memuaskan seperti ini adalah akibat langsung dari karyawan ‘tidak mendapat pemberdayaan’. Pelanggan tidak puas dan karyawan dibatasi oleh kebijakan perusahaan dari menawarkan segala bentuk kompensasi untuk memperbaikinya.
2. Karyawan dapat meningkatkan pengalaman pelanggan secara real time
Layanan pelanggan yang hebat tidak hanya tentang pengendalian kerusakan. Karyawan yang diberdayakan memiliki kemampuan untuk sangat meningkatkan pengalaman pelanggan selama interaksi langsung dengan menarik salah satu alat yang Anda berikan, dan itu memberikan kemampuan bekerja untuk menyenggol kebijakan selain demi mengendalikan pengalaman itu.
Pemberdayaan karyawan tidak memiliki kekakuan mekanisme kebijakan ketat, itulah sebabnya mengapa beberapa pemilik bisnis menghindarinya. Ini juga bukan sistem yang sempurna, terutama jika Anda baru memulai. Anda harus mengantisipasi bahwa seorang karyawan kadang-kadang akan memberikan terlalu banyak (atau terlalu sedikit) dan mungkin memerlukan panduan tambahan untuk mengesahkan visi Anda.
3. Semangat dan komunikasi staf meningkat secara drastis
Memberi karyawan Anda kemampuan untuk memengaruhi hasil interaksi menggunakan penilaian dan otoritas mereka sendiri adalah dorongan moral yang luar biasa untuk tim Anda. Ini benar jika Anda merayakan kemenangan pemberdayaan di seluruh tim dan menggunakannya untuk menginspirasi praktik terbaik karyawan. Karena tidak ada dua interaksi pelanggan yang sama, mencontohkan perilaku ideal mendorong pekerja Anda untuk berkomunikasi dan berkolaborasi satu sama lain untuk meningkatkan hubungan pelanggan.
Dengan sendirinya, moral adalah alat yang kuat. Jika karyawan Anda merasa tidak berdaya untuk menyelesaikan masalah mereka sendiri, mereka mungkin akan sama frustrasinya dengan pelanggan Anda ketika masalah muncul. Sebaliknya, berikan karyawan Anda kemampuan untuk mengubah hasil dari interaksi mereka sendiri dan, sebagai konsekuensinya, arah bisnis.
Satu studi yang diterbitkan dalam Global Journal of Management and Business Research menunjukkan bahwa menggunakan pemberdayaan karyawan sebagai alat motivasi "memberi karyawan rasa puas terhadap pekerjaan dan organisasi mereka."
4. Anda akan belajar bagaimana karyawan Anda menangani otoritas
Mungkin aspek yang paling penting dari pemberdayaan karyawan adalah kebijakan ambigu menciptakan ruang bagi kepemimpinan untuk berkembang.
Perhatikan dengan cermat bagaimana setiap karyawan menggunakan otoritas mereka selama interaksi pelanggan. Apakah mereka menggunakannya dengan hemat atau tidak sama sekali? Apakah mereka nekat dengan diskon? Apakah mereka mendorong batas-batas dan percobaan dalam lingkup kebijakan?
Untuk pemilik usaha kecil, kebijakan pemberdayaan menjadi kepercayaan. Untuk seorang karyawan, mereka turun ke penggunaan yang bertanggung jawab. Bagaimana karyawan menghadapi situasi itu ketika tidak mudah? Apakah mereka mau berbagi praktik dengan orang lain ketika mereka menemukan metode untuk sukses?
Metode pemberdayaan yang tepat dapat memberi Anda wawasan tentang promosi karyawan Anda berikutnya. Pada akhirnya, tidak ada metode yang tepat untuk pemberdayaan karyawan. Berbagi visi Anda dengan karyawan dan memberi mereka alat untuk mengimplementasikan visi itu adalah awal yang kuat. Dalam skala yang luas, terbukti bahwa karyawan yang diberdayakan merasa lebih bahagia, lebih kreatif, dan lebih bersedia membantu bisnis Anda berkembang. Berikan karyawan Anda apa yang mereka butuhkan dan beri mereka ucapan selamat saat mereka melebihi harapan Anda.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: