Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bisnis Kecil Harus Paham Tren Ritel 2019, Jangan Mau Kalah dengan E-commerce

Bisnis Kecil Harus Paham Tren Ritel 2019, Jangan Mau Kalah dengan E-commerce Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tidak lama lagi tahun akan berganti. Tahun 2019 tentu menjadi tantangan terbaru bagi setiap pebisnis di mana pun mereka berada, baik dalam skala besar atau pun kecil. Perkembangan belanja menggunakan teknologi juga semakin signifikan, teknologi seperti kecerdasan buatan (AI) dan internet of things (IoT) pada dasarnya mengubah pendekatan pelanggan terhadap pengalaman belanja tradisional.

Di zaman Amazon dan Alibaba, hampir tidak mungkin bagi usaha kecil untuk mengimbangi raksasa e-commerce yang mengatur agenda di dunia digital saat ini. Mulai dari solusi pembayaran yang inovatif, hingga liburan belanja yang sepenuhnya baru, para raksasa ini mendaur ulang ritel, menciptakan pengalaman belanja yang gesekan dari perangkat apa pun untuk pelanggan mereka, di mana saja dan kapan saja.

Meski begitu, pengecer kecil tidak perlu takut dengan perubahan yang didorong oleh digitalisasi, AI atau teknologi baru lainnya. Karena bisnis dari semua ukuran berinvestasi dalam teknologi ini, merek muda akan memiliki kesempatan untuk bersaing di bidang permainan yang sama dengan perusahaan multi-miliar dolar. Namun, untuk memanfaatkan peluang ini, setiap pengecer harus tetap memperhatikan tren ritel yang muncul tahun ini.

Berikut beberapa prediksi untuk apa yang diharapkan:

1. Bisnis lokal akan mencuri perhatian

Dalam beberapa tahun terakhir, Entrepreneur.com telah melihat pengecer menjauhkan diri dari "menarik bagi massa" dan sebaliknya fokus pada hiper-spesialisasi untuk pasar ceruk. Bahkan, selama apa yang disebut "Retail Apocalypse," jumlah toko buku independen tumbuh sebesar 35 persen, sebagian besar karena pengalaman unik yang mereka tawarkan kepada pelanggan mereka.

Saat ini, usaha kecil lagi memiliki kesempatan untuk melompati pesaing mereka yang lebih besar dengan cepat menerapkan teknologi untuk memungkinkan personalisasi lebih lanjut, tanpa harus menjalani proses transformasi yang panjang dan rumit yang sering menjadi kelemahan para pengecer besar.

2. Pembelian ponsel akan mendominasi penjualan

Konsumen menghabiskan lebih dari $4 miliar untuk perangkat seluler pada Black Friday dan Cyber ??Monday, menurut Marketing Land; dan angka itu menandai catatan bersejarah untuk penjualan ponsel. Pada tahun 2019, peralihan ke belanja seluler hanya akan terus dipercepat sepanjang tahun, karena semakin banyak pengecer yang membuat aplikasi mereka sendiri untuk pengalaman berbelanja yang ramah-seluler.

Dalam lingkungan yang semakin lama di jalan ini, lebih penting daripada sebelumnya untuk tidak hanya membuat etalase digital yang menarik, tetapi juga memastikan bahwa penawaran ini terintegrasi secara sempurna di semua platform, baik di dalam toko maupun online.

3. Kepuasan instan akan mengatur keputusan konsumen

Selain terus meluasnya penjualan ponsel, 2019 akan melihat peningkatan dalam konsumen yang membolos layar sekaligus untuk meminta Amazon Alexa memesan barang; yang akan populer karena melibatkan upaya nol praktis dan waktu untuk menyelesaikan transaksi.

Karena jumlah saluran belanja terus berkembang biak, pengecer paling berpikiran maju akan mengidentifikasi dan menerapkan teknologi yang memenuhi pembelanja 24/7—apakah itu terjadi melalui perpesanan dalam aplikasi yang disesuaikan, respons otomatis hingga FAQ, atau analisis prediktif yang memberikan rekomendasi melalui teknologi suara.

4. Data besar akan mendorong lebih banyak penjualan

Dari pemasaran ke penjualan, data besar akan terus mendorong penyesuaian yang lebih besar. Sekitar 62 persen dari pengecer, menurut IBM, menggunakan data besar untuk memberi mereka keunggulan kompetitif dalam lanskap bisnis saat ini. Ada alasan bagus: dari mengantisipasi pembelian pelanggan, untuk memahami bagaimana dan kapan pelanggan paling tepat untuk dibelanjakan, data menyediakan pengecer dengan wawasan yang lebih luas ke preferensi pelanggan dan kebiasaan berbelanja.

Ketika data ini dipasangkan dengan AI, pengecer dapat memahami apa yang diinginkan pelanggan mereka sebelum mereka memintanya, memungkinkan insentif yang dirancang khusus dalam bentuk hadiah kesetiaan atau promosi. Dan insentif itu, pada akhirnya, akan menghasilkan penjualan yang lebih besar.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: