Natal, Tahun Baru, dan periode liburan berikutnya adalah saat-saat di mana penjualan bisnis Anda dengan klien sedang berada di puncaknya. Dalam waktu tersebut, biasanya Anda terlalu sibuk mengikuti laju pekerjaan dan menghasilkan pendapatan.
Namun, ini adalah periode yang singkat. Sebagai seorang pengusaha yang bijaksana, Anda bertanya-tanya bagaimana Anda akan menjaga volume penjualan pasca-liburan ketika orang-orang cenderung kembali ke mode kerja dan tidak akan ada atau relatif potensial pembelian yang kurang di pasar.
Ketika masa liburan telah usai, target Anda harus berubah. Target selanjutnya harus menangkap klien potensial dan mengubahnya menjadi pelanggan setia. Strategi berikut berdasarkan lansiran dari Entrepreneur.com (11/1/2019), akan berguna saat Anda fokus menghasilkan penjualan pasca-liburan:
Aktifkan Keterlibatan Media Sosial
Media sosial adalah wadah yang dapat membantu Anda menghasilkan penjualan yang lebih tinggi. Di media sosial, Anda dapat terlibat langsung kepada pengikut dan terus memposting perkembangan baru atau produk baru yang Anda rencanakan untuk diluncurkan.
Bahkan jika tidak ada penjualan secara langsung, Anda masih berada di benak pelanggan yang mungkin membeli pada akhirnya. Mungkin juga bisa terjadi bahwa pelanggan yang mendapatkan bonus liburan besar, dapat berbelanja secara royal jika tertarik dengan posting media sosial Anda.
Diskon dan Tinjau Pesaing
"Menawarkan diskon kadang-kadang bisa sama dengan menjual dengan harga biaya, tetapi diskon adalah alat yang ampuh dalam menghasilkan penjualan selama musim pasca-liburan," kata Dhruv Trehan, MD dari Shree Ram Wood Industries.
Selain itu, Anda juga dapat melakukan peninjauan produk dan strategi yang menguntungkan dan berupaya membawa perubahan pada yang tidak terlalu menguntungkan. Anda juga dapat meninjau harga Anda terhadap pesaing, dan temukan penawaran menarik apa yang dapat Anda tawarkan dan pesaing Anda tidak.
Jaringan
Ini adalah faktor tunggal terbesar yang menghasilkan dan menambah volume bisnis di seluruh dunia. Waktu terbaik untuk secara pribadi menghubungi dan bertemu dengan calon klien dan perusahaan adalah pilihan terbaik selama periode sepi pasca liburan.
“Bergabung dengan organisasi bisnis dan bertemu dengan calon pelanggan bisa sangat membantu dalam mendapatkan nilai tambah merek serta volume untuk bisnis. Meminjamkan sentuhan pribadi dapat mengubah calon klien menjadi klien setia dan menghasilkan pendapatan setelah liburan,” kata Gaurav Virmani, CEO Bombay Metals and Alloys.
Kumpulkan Data Calon Klien
Dengan bantuan aplikasi, sempurnakan detail klien yang telah melakukan perbelanjaan di outlet Anda dan juga calon klien yang telah menjelajahi detail produk. Daftar calon klien dan perusahaan dapat disusun dan dijadikan dasar untuk mengiklankan peluncuran baru Anda atau menawarkan diskon besar dan menguntungkan.
“Mencari dan menyalurkan calon klien dapat menghasilkan penjualan dan niat baik dari merek. Anda dapat membuka pintu ke klien baru dan menciptakan kesadaran dengan mengatur acara dan pameran pasca-liburan," kata Anil Aggarwal, CEO Krishna Brickworks.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: