Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Nabung Pakai Cara Miliarder Ini, Finansial Aman Kapten!

Nabung Pakai Cara Miliarder Ini, Finansial Aman Kapten! Kredit Foto: Unsplash/Bady QB
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kebiasaan menabung bukanlah kegiatan yang mudah bagi kamu yang cenderung kalap kalau memiliki uang. Sulit mengontrol diri, sehingga uang setiap bulan ludes enggak ada yang bisa masuk tabungan. Alhasil, kamu hanya hidup dari gaji ke gaji deh.

Tapi tenang! Cara menabung para miliarder ini bisa kamu tiru kok agar kamu bisa menabung secara konsisten. Begini caranya:

Menabung ekstrem secara autodebet

Sistem autodebet adalah penarikan dana secara otomatis di rekeningmu setiap bulannya. Dengan menerapkan itu, dijamin kamu jadi konsisten dalam menabung.

Baca Juga: Apa Beda Investasi dan Menabung?

Salah satu milarder yang menerapkan cara ini adalah Grant Sabatier, founder Millennial Money. Bukan hanya menerapkan autodebet, tetapi jumlah yang ditentukannya juga ekstrem banget, setengah dari penghasilannya setiap bulan lho!

Kedengarannya memang menyeramkan, tapi hasilnya memuaskan kok. Buktinya Grant mampu mengumpulkan dari $2,26 atau Rp30 ribuan jadi Rp14,6 miliar dalam 5 tahun.

Miliki lebih dari satu penghasilan, lalu tabung penghasilan tertinggi

Memang sih cara yang kedua ini membutuhkan energi lebih. Pasalnya, kamu bakalan sibuk nih menjalankan dua pekerjaan dalam waktu yang bersamaan.

Jay Leno, aktor sekaligus pelawak asal Amerika Serikat memiliki penghasilan mencapai $350 atau setara Rp5,1 triliun. Leno mengaku, sejak masuk dunia hiburan, ia selalu memiliki dua sumber penghasilan. Penghasilan dari sumber pertama akan ia habiskan untuk kebutuhan sehari-hari, sementara dari sumber lainnya akan ia tabung.

Baca Juga: 3 Cara Menabung dengan Kreatif

Penghasilan yang lebih tinggi, secara keseluruhan uangnya itu akan ia tabung lho.

Menggunakan aturan 50-30-20

Apa itu metode 50-30-20? Pada umumnya, metode ini membagi penghasilan ke dalam tiga pos keuangan. Nah, penghasilan dibagi menjadi 50 persen untuk kebutuhan sehari-hari, 30 persen untuk dana hiburan, dan 20 persen untuk ditabung.

Baca Juga: Arisan: Menabung dan Investasi Sekaligus Silaturahmi

Namun, kali ini berbeda. Kyle Taylor, founder Penny Hoarder, mengubah sistemnya menjadi 50 persen ditabung, 30 persen kebutuhan harian, dan 20 persen dana hiburan.

Baca Juga: Perbankan Diminta Alokasikan Capex Lebih Besar Untuk Tingkatkan Keamanan Digital

Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: