Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

5 Tren Teknologi yang Mengubah Industri Kecantikan (I)

5 Tren Teknologi yang Mengubah Industri Kecantikan (I) Kredit Foto: Unsplash/guilherme
Warta Ekonomi, Jakarta -

Hampir semua merek-merek kecantikan memanfaatkan berbagai teknologi, mulai dari artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan hingga augmented reality (AR) untuk menjaga pelanggan mereka tetap berpartisipasi dalam pasar yang sangat kompetitif. Akan tetapi, apakah inovasi semacam itu benar-benar berhasil atau hanya sebuah cara pemasaran yang berlebihan?

Sebagaimana dikutip dari laman BBC, ketika pada tahun lalu L'Oreal mengatakan tidak lagi ingin menjadi perusahaan kecantikan nomor satu di dunia, tetapi "perusahaan teknologi kecantikan nomor satu" sudah jelas banyak hal dalam industri ini telah berubah.

"Perempuan memiliki masalah kecantikan yang sama pada usia 30 hingga 40 tahun, tetapi teknologi telah menimbulkan tuntutan dari para konsumen," jelas Wakil Presiden Global L'Oreal's Technology Incubator, Guive Balooch.

"Mereka menginginkan produk yang lebih personal dan tepat, dan kami harus meresponnya."

Jadi apa tren teknologi utama?

Baca Juga: Apa Itu Artificial Intelligence?

1. Personalisasi dan AI

Menurut Mr Balooch, "50% wanita mengeluh bahwa mereka tidak dapat menemukan warna dasar yang tepat untuk wajah mereka, dan wanita dengan warna kulit yang lebih gelap bersedih karena lebih banyak pilihannya."

Tetapi menempatkan ribuan warna di rak-rak toko akan terlihat "tidak praktis", katanya.

Sebagai gantinya, anak perusahaan L'Oreal Lancome telah muncul dengan mesin foundation yang dibuat khusus bernama Le Teint Particulier, yang berjanji untuk menemukan "kecocokan yang pas" untuk kulit Anda menggunakan AI.

Tersedia di Selfridges and Harrods di Inggris, konsultan Lancome pertama-tama menentukan warna kulit wajah Anda menggunakan colorimeter genggam - sejenis penyaring gambar digital. Hasilnya kemudian dijalankan melalui komputer yang menggunakan algoritma yang dimiliki untuk memilih dari 20.000 warna berbeda. Akhirnya, hasil dari komputer dikirim ke mesin yang mencampur foundation untuk Anda.

"Hal ini agak seperti bagaimana toko perangkat keras mencampur sepanci cat, tetapi kulitnya jauh lebih kompleks," kata Balooch.

Menurut perusahaan riset Mintel, permintaan akan kosmetik yang dipersonalisasi tumbuh dengan cepat. Hampir setengah dari konsumen menyukai gagasan bahwa produk kecantikan yang dipersonalisasi tersebut khusus untuk mereka, dan sepertiga dari mereka berpikir produk tersebut memberikan hasil yang lebih baik.

Tetapi dengan harga £85 untuk botol berukuran 30ml, Le Teint Particulier tidaklah murah, dan beberapa telah memperingatkan bahwa tingginya harga kosmetik yang dipersonalisasi akan menghambat penyebarannya.

"Ini menyampaikan pesan bahwa untuk menghasilkan keuntungan, Anda juga harus kaya, yang merupakan jenis kontra-intuitif," kata Cherlynn Low, ulasan editor di situs web teknologi AS, Endgadget.

2. Aplikasi 'Percobaan' Virtual

Karena melakukan lebih banyak untuk belanja online, merek kecantikan semakin menggunakan augmented reality (AR) dalam upaya meningkatkan pengalaman. Peningkatan dalam pengenalan gambar dan teknologi pelacakan wajah membuat lapisan digital ini lebih akurat.

Menggunakan Sephora Virtual Artist, yang memungkinkan pelanggan untuk mencoba ribuan warna lipstik dan eye shadow melalui ponsel pintar mereka atau di kios-kios dalam toko. Aplikasi ini bekerja dengan mengukur di mana bibir dan mata Anda secara real time, kemudian melacak titik-titik fitur wajah sehingga tahu di mana harus meletakkan kosmetik.

Ini juga dapat memandu Anda melalui tutorial make-up secara digital, dengan gradasi warna yang cocok untuk kulit Anda.

Sephora mengatakan lebih dari 200 juta warna telah dicoba melalui virtual artist sejak diluncurkan pada tahun 2016, dan sejumlah merek lain, dari mulai Garnier hingga DM Jerman, telah meluncurkan aplikasi try on. Tetapi beberapa reviewer memperingatkan aplikasi tersebut bukanlah pengganti untuk mencoba produk nyata sebelum Anda menggunakannya.

Maghan McDowell, editor inovasi di Vogue Business, setuju bahwa itu tidak "100% akurat" tetapi ia mengatakan pelanggan masih menganggapnya berguna. "Hal itu dapat dimengerti di zaman Snapchat, ketika orang terbiasa melihat filter AR di wajah mereka".

"Orang-orang kebanyakan menggunakannya untuk bereksperimen dengan penampilan dan gaya baru, tetapi mereka juga membeli produk melalui aplikasi ini." (Baca Juga: Bagian Kedua Tulisan Ini)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: