Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Para Mobile Marketer, Coba Tiga Cara Otomatisasi Pemasaran Berikut...

Para Mobile Marketer, Coba Tiga Cara Otomatisasi Pemasaran Berikut... Marketer | Kredit Foto: Priority Consultant, Pexel
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menurut survei yang dilakukan oleh Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia (APJII), penetrasi dan perilaku pengguna internet di Indonesia selalu meningkat 10% tiap tahunnya. Di tahun sebelumnya, tercatat sebanyak 143,25 juta penduduk telah menggunakan internet. Tidak heran apabila digital marketing dapat berkembang secara pesat dalam memasarkan produknya di Indonesia. Namun, bagaimana cara efektif bagi para marketer untuk mengubah cara kerja mereka menjadi lebih efisien?

Menurut Josh Jang, Head of Sales Korea & SEA untuk perusahaan Adjust, sebuah perusahaan mobile measurement, mengatakan bahwa setidaknya ada tiga cara otomatisasi untuk merevolusi cara kerja digital dan mobile marketer agar lebih efisien, khususnya di Indonesia.

Baca Juga: Dear Marketer, Begini Tips Biar Merek Tetap Cantik di Mata Konsumen

Apa sebenarnya otomatisasi pemasaran?

Teknologi otomatisasi pemasaran dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, tetapi pada dasarnya teknologi otomatisasi adalah perangkat lunak yang secara otomatis mengontrol dan memantau tindakan pemasaran. Alat-alat ini akan mengambil tugas-tugas pemasaran yang membosankan dan berulang-ulang dan melakukannya dengan lebih efisien dibandingkan jika dilakukan secara manual. 

Analisis data contohnya, ilmuwan data, atau siapa pun yang bekerja dengan data dalam jumlah besar, menghabiskan hampir 80% dari hari kerja mereka untuk melakukan akuisisi, pembersihan, dan pengorganisasian data. Namun, hal ini tidak harus terjadi . Dengan otomatisasi pemasaran, kata Josh Jang, marketer pada dasarnya dapat menyerahkan pekerjaan yang menghabiskan waktu ini ke mesin, yang jauh lebih efisien dalam menyelesaikan tugas-tugas tersebut.

Dan itu hanya permukaannya saja. Bagaimana lagi alat otomatisasi pemasaran dapat membantu, dan apa cara terbaik untuk memulainya?

1. Menghubungkan berbagai saluran

Salah satu daya tarik dari perangkat lunak otomatisasi pemasaran adalah kemampuannya untuk membantu pemasar menghubungkan saluran pemasaran mereka, yaitu menyatukan beberapa platform menjadi satu. Mengintegrasikan berbagai sumber tidak hanya memudahkan navigasi di antara mereka, tetapi juga membantu dalam membandingkan metrik dan melihat di mana optimalisasi dapat dilakukan.

 2. Integrasi data

Sementara pemasar memiliki akses ke lebih banyak data dari sebelumnya, kelebihan ini telah menghadirkan tantangan yang sangat nyata untuk melakukan konsolidasi dan memahami semuanya. Data dari satu sumber sangat membantu, tetapi bisa menambahnya dengan data lain yang berhubungan membuatnya menjadi lebih berarti. Saat ini, hal itu berarti upaya besar untuk merekonsiliasi data dari berbagai saluran, penyedia, dan layanan ke satu tempat sebelum dapat digunakan.

Untungnya, ada serangkaian alat baru yang dapat menghilangkan kerumitan rekonsiliasi. Hal ini mungkin menjadi trik otomatisasi perangkat lunak yang paling kuat. Keberhasilan pemasaran tidak hanya tentang jumlah data, tetapi juga tentang kemampuan menganalisisnya dengan benar, data terintegrasi menawarkan pemahaman yang jauh lebih baik tentang akuisisi pengguna, retensi, dan bahkan penipuan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Puri Mei Setyaningrum
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: