Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kisah Perusahaan Raksasa, China Life Insurance, Pebisnis Asuransi Jiwa Nomor Wahid di Tiongkok

Kisah Perusahaan Raksasa, China Life Insurance, Pebisnis Asuransi Jiwa Nomor Wahid di Tiongkok Logo perusahaan China Life Insurance. | Kredit Foto: Bloomberg
Warta Ekonomi, Jakarta -

China Life Insurance Company Limited adalah perusahaan asuransi jiwa terbesar di Republik Rakyat China. Perusahaan menawarkan asuransi jiwa individu, kehidupan kelompok, asuransi kecelakaan, dan polis asuransi kesehatan. Dewasa ini, China Life menguasai 45 persen pasar negara dan memegang posisi nomor satu di 29 dari 31 pasar utama negara itu. 

Dibentuk dari pecahnya monopoli milik pemerintah, People's Insurance Company of China, China Life adalah satu-satunya perusahaan asuransi jiwa di China dengan izin operasi nasional. Izin tersebut memungkinkannya mengembangkan jaringan lebih dari 8.000 kantor lapangan, 4.800 kantor cabang, 3.000 kantor layanan pelanggan, dan 87.000 outlet penjualan di berbagai lojasi antara lain bank, hotel, bandara, agen perjalanan dan kantor pos.

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Verizon Communications, Bisnis Telekomunikasi Nomor 2 di AS

Bersama-sama, China Life melayani lebih dari 100 juta pemegang polis jangka panjang dan lebih dari 150 juta pemegang polis jangka pendek. Itu menghasilkan hampir 51 miliar yuan China (6,2 miliar dolar AS) dalam bentuk premi bersih dan biaya polis pada 2003. Total penjualan grup mencapai 9,5 miliar dolar di tahun itu.  

Sementara dalam dua tahun belakangan tepatnya pada 2019 dan 2020 China Life memiliki catatan sebagai berikut secara berurutan perusahaan memegang aset sebesar 580,33 miliar dolar AS dengan pendapatan dan laba masing-masing 116,17 miliar dolar dan minus 2,56 miliar dolar (penurunan minus 1.063 persen). Catatan ini mengantar China Life duduk di peringkat 51 dalam Global 500 versi Fortune. 

1024px-ChinaLifeHangzhou.jpg

Selanjutnya, peringkat perusahaan raksasa bidang asuransi jiwa ini sedikit membaik dengan merangkat ke posisi 44 dari 51 dalam Global 500. Hal ini dipengaruhi oleh meningkatnya aset, pendapatan, dan laba masing-masing sebesar 648,39 miliar dolar AS, 131,24 miliar dolar, dan terkhir 4,66 miliar dolar AS.

Uraian mengenai perjalanan China Life akan dipaparkan Warta Ekonomi pada kesempatan Kamis (8/10/2020). Dikutip dan diolah dari berbagai sumber, kami sajikan ulasan tersebut menjadi tulisan sebagai berikut. 

Perkembangan bisis asuransi di China bermula ketika terbukanya Negeri Tirai Bambu kepada Barat awal abad ke-20. Secara umum China, dan khususnya Shanghai setelah akhir Perang Dunia II menjadi pusat utama perdagangan internasional.

Pasar komersial yang hidup di kota itu menawarkan kepada para pengusaha potensi yang tampaknya tidak terbatas. Di antara mereka adalah CV Starr, seorang Amerika Serikat (AS), yang mendirikan kantor agen asuransi di Shanghai pada 1919. Awalnya, perusahaan Starr, American Asiatic Underwriters (AAU), berfungsi sebagai perwakilan lokal untuk perusahaan asuransi asing.

AAU awalnya berurusan dengan kebijakan asuransi kebakaran dan laut. Namun, pada awal 1920-an, Starr menyadari potensi besar untuk asuransi jiwa di antara penduduk China di negara itu. 

Starr mendirikan perusahaan baru, Asia Life Insurance Company, yang menjadi yang pertama memasarkan produk asuransi jiwa ke China. Kepala perusahaan memungkinkannya untuk membangun dengan cepat menjadi penyedia asuransi terkemuka tidak hanya di seluruh daratan China, tetapi di sebagian besar wilayah Asia. Perusahaan Starr akhirnya berkembang menjadi pemimpin AS American Insurance Group.

Sementara itu, kesuksesan Asia Life menginspirasi banyak pesaing. Kebanyakan dari mereka adalah perwakilan lokal dari perusahaan asing besar. Namun, sejumlah kelompok lokal muncul dan memainkan peran penting dalam mengembangkan pasar asuransi jiwa di kalangan penduduk asli.

589563_original.jpg

Salah satu perusahaan yang paling awal dan terpenting adalah Tai Ping Insurance Company. Perusahaan yang didirikan oleh HC Tung dan HN Ting di Shanghai pada 1929 membuka diri untuk investasi awal dari sejumlah bank China dan mulai menerbitkan polis asuransi umum. Tahun berikutnya, Tai Ping menambahkan komponen asuransi jiwa, Tai Ping Life Insurance Company. 

Tai Ping berkembang pesat selama dekade 1930-an, dengan menambahkan hampir 20 cabang di kota-kota besar di China serta di tempat lain di Asia Tenggara. Perusahaan juga membuka sekitar 400 kantor sekunder di seluruh daratan China, sebelum menambahkan kantor perwakilan di Eropa dan AS.

Pada pertengahan 1930-an, Tai Ping telah tumbuh cukup besar untuk menjadi anggota Shanghai Insurance Association. Dalam posisi tersebut, perusahaan menjadi satu-satunya perusahaan milik China yang termasuk dalam apa yang sebelumnya merupakan klub eksklusif untuk perusahaan asuransi asing. 

Kekayaan Tai Ping mulai menyusut setelah dimulainya Perang China-Jepang pada 1937. Penyebab yang paling terasa adalah ketika revolusi Komunis yang dipimpin Mao Zedong pada 1949.  

Sementara itu, Tai Ping telah diikuti oleh semakin banyak perusahaan asuransi milik China lainnya. Di antaranya adalah China Insurance Company didirikan pada tahun 1931 di Shanghai, yang membuka anak perusahaan asuransi jiwa,  China Life Insurance Company pada 1933.

Setelahnya muncul Ming An Insurance Company yang didirikan di Hong Kong pada 1949. Pada saat itu, China membanggakan diri karena lebih dari 240 perusahaan asuransi --sekitar 180 di antaranya adalah milik China.

Setelah revolusi, pemerintah Mao mendirikan Perusahaan Asuransi Rakyat China (People's Insurance Company of China/PICC), yang mengambil alih semua kepentingan asuransi di daratan utama. Pimpinan Tai Ping melarikan diri ke Taiwan pada 1950, membangun kembali operasi perusahaan di sana. Perusahaan lain, terutama yang telah mendirikan cabang asing di Hong Kong, Singapura, Taiwan, dan tempat lain, menarik diri dari daratan untuk membangun kembali bisnis mereka di sekitar kepemilikan asing mereka. 

Pada 1959, semua bisnis asuransi dalam negeri China ditutup. Peran PICC dikurangi menjadi menyediakan asuransi yang mencakup kebutuhan kebijakan luar negeri negara, seperti untuk sektor kelautan dan penerbangan. Setelah reformasi, PICC diubah menjadi departemen bank sentral pemerintah.

Tcitp_d459_the_new_shanghai_building_of_the_china_mutual_life_insurance_co.jpg

Sementara reformasi ekonomi yang diluncurkan di bawah Deng Xiaoping pada 1978 membuka jalan menuju kelahiran kembali sektor asuransi China. Pada 1979, PICC dipisahkan dari bank sentral dan didirikan kembali sebagai perusahaan yang beroperasi secara independen, meskipun dikendalikan oleh negara. Pada tahun itu, PICC mulai menawarkan polis asuransi umum (yaitu non-jiwa).

Pada 1980, ketika inisiatif pertama untuk membawa modal investasi asing ke negara itu muncul, PICC membentuk usaha patungan dengan American Insurance Group. Kerja sama itu memungkinkan perusahaan AS untuk menguji diri sebelum kembali ke pasar asuransi daratan China pada 1990-an.

PICC mulai menawarkan polis asuransi jiwa lagi pada 1982. Perusahaan menargetkan kelas menengah dan kaya China yang kecil namun terus bertambah, serta pejabat pemerintah. Meskipun demikian, pasar asuransi jiwa China tetap kecil, karena hingga 2004, pengeluaran per kapita untuk asuransi jiwa hanya setara dengan 28 dolar AS, dibandingkan dengan rata-rata pengeluaran per kapita sebanyak 2.800 dolar atau lebih di Jepang, menawarkan prospek yang menggiurkan untuk masa depan.

PICC secara resmi mempertahankan monopolinya di pasar asuransi China hingga akhir 1980-an. Namun, pada 1988, monopoli perusahaan dihapuskan. 

Lisensi diberikan kepada pesaing pertama perusahaan, termasuk Ping An, yang, didirikan tahun itu, tumbuh menjadi perusahaan asuransi jiwa terbesar kedua di negara itu, dengan dominasi di pasar penting Beijing. Pesaing domestik awal lainnya termasuk China Pacific, yang berbasis di Shanghai, yang juga memulai bisnis pada 1988, dan American Insurance Group yang pada 1992 menjadi perusahaan asing pertama yang diberi izin untuk menjalankan bisnis yang berdiri sendiri di daratan. 

Meskipun demikian, PICC tetap menjadi juara asuransi yang jelas di daratan, dengan kehadiran nasional yang kuat. Perusahaan juga mulai membuka kantor di luar negeri, menambah lokasi di Singapura, Hong Kong, Tokyo, dan London.

Selanjutnya pemerintah China mulai membuka lebih luas pasar asuransi negara itu pada awal 1990-an. Pada akhir dekade ini, pemerintah telah memberikan lisensi kepada total 16 perusahaan, termasuk grup yang kembali seperti Tai Ping Insurance Company dan China Insurance Company.

cc06b7a1-6d18-419f-8991-c2d9f3fc4f61_0.jpg

Lingkungan yang semakin kompetitif menyebabkan kebutuhan perusahaan untuk mengubah struktur PICC. Pada 1996, perusahaan direorganisasi menjadi perusahaan induk yang disebut PICC Group. Operasinya kemudian dipecah menjadi tiga anak perusahaan, PICC Life, PICC Property, dan PICC Reinsurance. PICC Group awalnya beroperasi di bawah kendali People's Bank of China.

Meskipun telah dilakukan restrukturisasi, pertumbuhan Grup PICC agak terhambat. Kedatangan AIG telah memperkenalkan sistem agen terikat baru ke pasar, yang mendorong pengembangan jaringan cabang. 

Meski begitu, PICC Group, sebagai badan usaha milik negara, pada awalnya dilarang mengembangkan jaringan kantor cabang dan agen terikatnya sendiri. Akibatnya, perusahaan terpaksa menyerahkan posisi kepemimpinan di dua pasar terpenting negara itu, Beijing, yang direbut oleh Ping An, dan Shanghai, diambil oleh China Pacific.

Pada 1998, pemerintah China mengalihkan pengawasan atas pasar asuransi yang berkembang di negara itu ke badan baru, China Insurance Regulatory Commission (CIRC). 

Berdasarkan peraturan baru, perusahaan asuransi dilarang beroperasi baik di pasar asuransi non-jiwa maupun jiwa. Hasilnya, Grup PICC dipecah menjadi empat komponen utamanya. (1) PICC yang mengambil alih bisnis asuransi umum perusahaan. (2) China Re, untuk operasi reasuransi. (3) China Insurance, yang menangani aktivitas internasional grup, dan (4) China Life. Keempat perusahaan tersebut tetap dikuasai oleh negara China.

Mantan anggota Grup PICC mulai bergerak menuju pembukaan modal sahamnya pada awal 2000-an. Pada tahun 2000, China Life mengumumkan niatnya untuk mendiversifikasi kepemilikan sahamnya sebelum penawaran umum di masa mendatang. 

Sementara itu, China Life terus membangun bisnisnya di seluruh China, memperkuat posisi dominannya di 29 dari 30 pasar utama negara itu. Perusahaan juga terbantu oleh aturan pemerintah untuk perusahaan asing yang beroperasi di China, yang menetapkan bahwa semua karyawan di perusahaan tersebut harus dilindungi oleh polis asuransi terpadu.

Sebagai tanggapan, China Life memusatkan operasi asuransinya yang terpadu di Cabang Guangdong, dekat dengan zona perdagangan bebas yang berkembang pesat. Pada 2001, China Life telah menguasai 80 persen bisnis asuransi terpadu untuk 500 perusahaan asing teratas yang beroperasi di China.

CL_printad_20200220_0.jpg

China Life kemudian mulai mengajukan petisi kepada CIRC untuk otorisasi go public, yang diberikan pada Juni 2003. Sebagai bagian dari persiapan IPO perusahaan, China Life merestrukturisasi operasinya, terbagi menjadi tiga entitas, yaitu China Life Insurance Company dan China Life Asset Management Company keduanya ditempatkan di bawah perusahaan induk baru, China Life Insurance Corporation.

Untuk menarik sebanyak mungkin investor, China Life meluncurkan IPO di Bursa Efek Hong Kong dan Bursa Efek New York pada Desember 2003. IPO tersebut sukses besar, mengumpulkan 3,5 miliar dolar AS dan menjadi yang terbesar di dunia untuk tahun itu. Tawaran ritel telah kelebihan permintaan sebanyak 172 kali, dan total pesanan telah mencapai 80 miliar dolar AS.

Keberhasilan IPO-nya mendorong China Life untuk mulai melirik ekspansi ke pasar baru pada tahun 2004. Induk perusahaan China Life yang tidak terdaftar mengumumkan niatnya untuk mendiversifikasi bisnis asuransinya dengan memasukkan asuransi properti dan mengembangkan bisnis agen perantara asuransi serta menambah layanan keuangan lainnya.

China Life sendiri mengumumkan niatnya untuk melakukan diversifikasi ke layanan baru, seperti manajemen aset, layanan broker, dan perbankan dalam waktu dekat. Sementara itu, China Life telah muncul sebagai pemain dominan dalam apa yang diharapkan banyak orang untuk menjadi pasar asuransi jiwa dengan pertumbuhan tercepat dan terbesar di dunia.

Pada 2019, China Life merayakan ulang tahun berdirinya yang ke-70 dengan mendapat buah manis. Penadapatan perusahaan melonjak 16,4 persen di tahun revitalisasi perusahaan. 

Selama pandemi virus corona atau Covid-19 di China pada awal 2020, China Life memberikan perlindungan asuransi gratis untuk 2,48 juta pekerja garis depan. Meski demikian, perusahaan menurut laporan akhir tahun, tidak merinci berapa biaya inisiatif itu.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Muhammad Syahrianto
Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: