Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kisah Perusahaan Raksasa: America Movil, Provider Seluler Nomor Wahid dari Meksiko

Kisah Perusahaan Raksasa: America Movil, Provider Seluler Nomor Wahid dari Meksiko Kredit Foto: Reuters/Edgard Garrido
Warta Ekonomi, Jakarta -

American Movil adalah perusahaan yang bergerak dalam sektor telekomunikasi asal Meksiko. Korporasi yang berbasis di ibu kota Meksiko ini merupakan salah satu perusahaan raksasa menurut Fortune Global 500.

Fortune pada 2020 mencatat, American Movil menempati peringkat ke-209 dunia berdasarkan pendapatannya di tahun itu yang mencapai 52,32 miliar dolar AS. Ia terpaksa merosot 13 nomor karena pendapatannya di tahun itu juga turun sebesar 3,1 persen.

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Gak dari Orang Berada, China Vanke Justru Lahir dari Kerja Keras Anak Desa

Namun sepertinya hal tersebut tidak banyak memengaruhi perusahaan telekomunikasi itu. Pasalnya America Movil di 2020 sukses meraup 28,7 persen keuntungan lebih banyak dari tahun sebelumnya. Dengan begitu, laba perusahaan yang berhasil dikantongi sebesar 3,51 miliar dolar AS.

Dalam catatan lain, America Movil adalah operator komunikasi seluler terbesar kedelapan berdasar jumlah pelanggan. Lalu bagaimana kisahnya sebagai salah satu yang terbesar di dunia?

Warta Ekonomi pada Senin (28/6/2021) akan membantu mengulasnya secara ringkas kisah America Movil. Lebih lanjut, simak selengkapnya pada artikel di bawah ini.

America Movil dapat melacak sejarahnya kembali melalui Telcel saat Publicidad Turistica dibentuk tahun 1956. Seiring berjalannya waktu, pemerintah Meksiko memberikan konsensi pada perusahaan ini pada 1981. Isi konsensi tersebut antara lain memberikan perusahaan itu izin pemasangan dan pengoperasian sistem telepon nirkabel di Meksiko. 

Publicidad Turística berubah nama pada tahun 1984 menjadi Radiomóvil Dipsa, SA de CV. Sejak 1989, perusahaan ini mulai beroperasi di bawah merek dagang Telcel.

Antara 1988 dan 1990 Telcel memperluas jaringan selulernya pada konsesinya, Band B dari spektrum frekuensi, untuk mencakup wilayah metropolitan Mexico City dan kota-kota Cuernavaca, Guadalajara, Monterrey, Tijuana, dan Toluca. Pada 1990 ketika Telmex diprivatisasi, Telcel mulai menawarkan layanan seluler di semua wilayah Meksiko. 

Hasilnya, pada akhir 1995, Telmex menguasai 57 persen pasar-pasar yang berkembang karena frustrasi dengan layanan yang buruk dan penundaan instalasi oleh Telmex untuk telepon fixed-line.

Telcel memelopori penggunaan kartu telepon prabayar. Produknya saat itu dinamai kartu Amigo terbit tahun 1996 untuk pelanggan yang berpikiran ekonomis. Orang tua, misalnya, enggan memberikan akses ponsel kepada anak yang tidak bisa dipercaya untuk menjatah waktu yang mereka habiskan untuk mengobrol dengan teman-temannya.

Halaman:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Muhammad Syahrianto
Editor: Muhammad Syahrianto

Bagikan Artikel: