Heboh Media Asing Soroti Suara Azan, Begini Reaksi Muhammadiyah

Heboh Media Asing Soroti Suara Azan, Begini Reaksi Muhammadiyah Kredit Foto: Viva

Suara azan di Indonesia terutama di Jakarta, mendapat sorotan dari media asing yang mengangkat tema volume azan apakah ketakwaan atau kebisingan. Ketua PP Muhammadiyah Dadang Kahmad, angkat bicara menanggapi media asing yang menyebut suara azan di Jakarta berisik tersebut.

Dadang menilai, bagaimanapun azan merupakan hal yang wajib diserukan kepada umat Islam. Apalagi terhadap masyarakat mayoritas Muslim.

Baca Juga: Media Asing Soroti Azan di DKI, MUI Turun Tangan: Jangan Dibilang Itu Berisik!

"Pertama, sebagai negara yang mayoritas Muslim suara azan adalah suara yang harus diserukan kepada semua umat Muslim sebagai seruan untuk salat berjemaah di masjid," kata Dadang, melansir VIVA, Jumat (15/10/2021).

Volume Dibatasi

Kendati demikian, Dadang juga memberikan saran agar tidak ada yang merasa terganggu dengan suara azan tersebut. Dia menyarankan agar setiap masjid harus membatasi suara agar tidak melewati batas masjid lain.

"Namun, karena masjid itu banyak, sebaiknya volume speaker dibatasi sekeliling masjid, tidak melintasi batas masjid yang lain," kata Dadang.

Ikamah Cukup Pengeras Suara di Masjid

Dadang juga menyarankan agar pengeras suara hanya dipakai untuk mengumandangkan azan saja. Sementara, untuk ikamah dan kegiatan lain, Dadang menyarankan hanya memakai pengeras suara di dalam masjid.

"Sebaiknya hanya dipakai untuk mengumandangkan azan saja, sedangkan ikamah dan salat serta kegiatan lainnya sebaiknya memakai speaker dalam saja," imbuhnya.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini