Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Wapres Ma'ruf Amin Dijadwalkan Membuka Peparnas XVI

Wapres Ma'ruf Amin Dijadwalkan Membuka Peparnas XVI Kredit Foto: Instagram Maruf Amin
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan membuka Peparnas XVI Papua yang akan dipusatkan di stadion Mandala, Jayapura, Jumat (5/11).

Ketua Bidang Upacara Peparnas XVI Papua Welliam Manderi mengatakan, Peparnas XVI yang akan berlangsung sampai 13 November itu akan mempertandingkan 12 cabang olahraga dan 638 nomor lomba.

Peserta Peparnas XVI tercatat 1.985 atlet dengan 740 ofisial yang akan memperebutkan 695 medali. Manderi juga menyatakan api Peparnas sudah diarak setelah diambil dari Kampung Ketmong di Distrik Nimboran, Kabupaten Jayapura.

Sebanyak 13 atlet difabel dilibatkan untuk mengikuti kirab obor Peparnas XVI Papua.Api yang digunakan memang tidak diambil dari sumber api melainkan diproses secara tradisional yang dilakukan para tetua adat di kampung Ketmong.

Proses pembentukan api itu dilakukan para tetua adat Namlong seperti dilakukan zaman dahulu yakni dengan menggunakan dua batang rotan atau kayu yang digosok sampai menghasilkan api yang kemudian disulutkan ke obor yang nantinya dibawa secara estafet.

Api ini juga akan disemayamkan di Kantor Bupati Jayapura di Gunung Merah, kantor Walikota Jayapura di Entrop dan gedung negara sebelum disulutkan pada pembukaan Peparnas di lapangan Mandala Jayapura pada 5 November. 13 atlet difabel yang belum disebutkan namanya akan membawa obor dari Gedung Negara Dok V Jayapura ke Stadion Mandala.

"Yang pasti yang bersangkutan adalah atlet nasional," kata Manderi yang juga Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Papua.

Baca Juga: PAN Jateng Dukung Pencapresan Ganjar Pranowo, Pengamat: Bisa Dapat Tiket Capres KIB

Baca Juga: Asal Muasal Presidential Threshold 20 Persen Gegara Kemenangan SBY di Pilpres 2004, Ini Nih Biang Keroknya

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Editor: Boyke P. Siregar

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: