Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tips Ampuh Atasi Gangguan Tidur Agar Anda Bisa Lebih Sehat

Tips Ampuh Atasi Gangguan Tidur Agar Anda Bisa Lebih Sehat Kredit Foto: Pexels/RP Singh
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tidur adalah bagian penting dari siklus kehidupan. Kuantitas dan kualitas tidur juga penting guna menjaga kesehatan tubuh dan mencegah sejumlah penyakit, termasuk diabetes tipe 2, penyakit jantung, obesitas, dan depresi.

Ahli tidur dan saraf Chris Winter mengatakan bahwa untuk mencapai tidur yang berkualitas dan cukup waktu, setiap individu disarankan untuk melakoni gaya hidup sehat, rutin berolahraga, tidur sesuai jadwal, tidak minum alkohol, tidur di suhu ruangan yang lebih dingin dan suasana tenang.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Penderita Diabetes Lebih Baik Tidak Mengemudikan Kendaraan, Ternyata…

Hanya saja, gangguan tidur bisa saja terjadi bahkan ketika semua hal tersebut telah dilakukan. Dikutip dari Men’s Health, Selasa (2/11), berikut beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengatasi gangguan tidur.

1. Jauhi layar

Di era teknologi, godaan untuk terus menerus berselancar di ponsel atau komputer sangatlah besar. Bahkan, banyak orang yang masih menatap gawai sambil rebahan di kasur menjelang waktu tidur.

Spesialis tidur Kuljeet Gill mengatakan bahwa cahaya biru yang dipantulkan dari layar gawai bisa sangat mengganggu tidur karena menekan produksi melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur-bangun Anda.

2. Gunakan kasur hanya untuk tidur

Salah satu kesalahan terbesar adalah menggunakan kasur selain untuk tidur, semisal menonton, bermain gim, dan sebagainya. Meski itu terlihat sepele, namun kebiasaan itu bisa memengaruhi cara kerja otak.

Baca Juga: Urine Penderita Diabetes Warnanya Keruh, Duh… Kata Siapa? Baca Ini Terlebih Dahulu

"Begini masalahnya, jika Anda melakukan hal-hal lain di atas kasur sebelum jadwal tidur, entah itu bekerja atau menikmati makanan ringan, otak Anda akan mulai mengasosiasikan kasur sebagai segala sesuatu selain tidur," kata Associate Professor Neurologi NYU Grossman School of Medicine, Alcibiades Rodriguez.

3. Jangan paksakan, rileks dan lakukan sesuatu

Beberapa ahli mengatakan, jika tidak kunjung tidur setelah sekitar 20 menit setelah berbaring, Anda disarankan untuk bangun meninggalkan tempat tidur dan melakukan aktivitas ringan. Coba membaca, meditasi, atau menarik napas dalam.

"Jika Anda masih sulit tidur, bangunlah dari kasur dan coba lakukan bmeditasi, berdoa, atau memikirkan orang yang Anda sukai," kata Winter.

Lalu, kapan Anda harus kembali ke tempat tidur? Menurut Winter, tak ada batasan waktu untuk situasi tersebut. "Itu hanya menambah stres. Kembalilah ke tempat tidur jika Anda merasa mengantuk. Jika tidak, begadang saja selarut yang Anda suka dan jangan khawatir tentang itu," kata dia.

Baca Juga: Suka Buah Kesemek? Wah… Beruntung Banget, Ini Manfaat Kesehatannya! Atasi Diabetes?

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan