Demi Atasi Perubahan Iklim, Separuh Dana Proyek Nuklir Bill Gates Didanai Pemerintah AS

Demi Atasi Perubahan Iklim, Separuh Dana Proyek Nuklir Bill Gates Didanai Pemerintah AS Kredit Foto: Instagram Bill Gates

Sebuah usaha tenaga nuklir canggih, TerraPower yang didirikan oleh miliarder Bill Gates mengatakan bahwa mereka telah memilih sebuah kota di Wyoming sebagai lokasi untuk membangun pabrik demonstrasi senilai USD4 miliar (Rp56 triliun) yang akan mendapatkan setengah pendanaannya dari pemerintah AS.

Pembangkit Natrium TerraPower akan dibangun di Kemmerer, sebuah kota terpencil di barat Wyoming di mana pembangkit listrik tenaga batu bara Naughton akan ditutup pada tahun 2025. Izin yang tertunda, pembangkit listrik berkapasitas 345 megawatt akan dibuka pada tahun 2028, yang merupakan jadwal waktu yang diamanatkan oleh Kongres.

Baca Juga: Bill Gates Bidik Kota Kecil di AS Jadi Penambang Nuklir, Ini Dia Tempatnya!

Proyek ini akan mendapatkan sekitar USD1,9 miliar (Rp27 triliun) dari pemerintah federal termasuk USD1,5 miliar (Rp21 triliun) dari RUU infrastruktur bipartisan yang ditandatangani Presiden Joe Biden minggu ini. RUU itu mencakup sekitar USD2,5 miliar (Rp35 triliun) untuk reaktor nuklir canggih.

"Ini adalah hibah pemerintah yang sangat serius," kata Chris Levesque, presiden dan CEO TerraPower, yang bermitra dengan GE Hitachi Nuclear Energy. "Ini diperlukan karena pemerintah AS dan industri nuklir AS tertinggal," katanya sebagaimana dikutip dari Yahoo Finance di Jakarta, Rabu (17/11/21).

Amerika Serikat telah bersaing dengan China dan Rusia yang juga berharap untuk membangun reaktor canggih dan mengekspornya.

Reaktor canggih ini diharapkan lebih kecil dari yang tradisional dan secara teoritis dibangun di lokasi terpencil. Reaktor Natrium akan berbahan bakar uranium yang diperkaya hingga 20%, tingkat yang jauh lebih tinggi dari bahan bakar saat ini.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini