Jenis-Jenis dan Manfaat Cor Beton yang Harus Diketahui

Jenis-Jenis dan Manfaat Cor Beton yang Harus Diketahui Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Bicara soal konstruksi sebuah bangunan entah gedung perkantoran, apartemen atau bahkan rumah hunian, ada satu tahapan yang sangat penting.

Bagian itu adalah cor beton yang memang berfungsi menentukan kualitas sebuah bangunan. Jika Anda ingin bangunan awet digunakan dalam jangka waktu lama, tentu pemilihan material cor haruslah dilakukan secara tepat dan bijaksana.

Apalagi seperti yang diketahui, bangunan saat ini menjadi salah satu aset investasi yang menjanjikan secara jangka panjang.

Tentu Anda ingin nilai properti yang dimiliki terus bertambah atau setidaknya stabil, bukan? Untuk mewujudkannya, bangunan jelas harus punya kualitas yang baik dan awet di mana ditentukan betul oleh kualitas cor beton. Karena itu memahami manfaat dan jenis-jenis beton cor wajib jadi pertimbangan.

Manfaat Cor Beton Dalam Sebuah Bangunan

Satu hal yang perlu Anda ketahui soal beton cor in adalah jenis batuan tiruan yang dibuat manusia, sehingga memiliki rongga-rongga di antara butirannya entah besar, agregat kasar atau agrerat halus. Nanti di antara rongga-rongga tersebut akan diisi oleh semen sehingga mampu berfungsi sebagai pengikat atau perekat. Demi memenuhi fungsinya, beton biasanya dibuat sesuai kebutuhan konstruksi sebuah bangunan.

Namun jika diambil secara garis besar, berikut manfaat dari beton cor yang begitu penting:

Berguna untuk menahan tekanan atau beban bangunan, hingga sesuatu yang melintas di atasnya seperti beton cor pada konstruksi jalan raya maupun jembatan

Mampu menjadi penambal retakan pada konstruksi bangunan atau pembangunaan sebuah area

Menjadi alat bantu dalam pengerjaan konstuksi yang berada pada tempat sulit seperti area yang sangat tinggi

Membuat sebuah bangunan bertahan lama karena beton cor ini tidak mudah terbakar

Inilah Jenis-Jenis Cor Beton yang Bisa Anda Pelajari

Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan itulah, maka Anda tentu tahu jika kebutuhan beton untuk konstruksi gedung bertingkat jelas berbeda dengan pembangunan jalan raya. Hal inilah yang akhirnya membuat ada cukup banyak jenis-jenis beton cor yang dikenal masyarakat. Apa saja? Berikut di beberapa di antaranya:

Beton cor K175 dipakai dalam konstruksi bangunan ringan.

Beton cor K225 atau K250 dipakai dalam pembangunan ruko atau hunian rumah dua lantai yang memang menopang beban berat

Beton cor K300 dipakai dalam bangunan rumah atau ruko hingga gedung-gedung setinggi tiga lantai

Beton cor K350 dipakai dalam proyek pembangunan rumah, rumah toko (ruko), rumah kantor (rukan) maupun gedung-gedung pemerintahan yang memiliki ketinggian tiga lantai hingga lima lantai

Beton cor K400 merupakan jenis beton dengan kualitas terbaik karena memang luar biasa kuat dan tahan atas kerusakan cuaca maupun lingkungan lebih lama. Tak heran kalau akhirnya jenis beton ini sering dipakai dalam pembangunan jalan raya maupun jembatan

Sekadar informasi, K175, K225, K250, K300 dan seterusnya merupakan informasi tekanan beban yang mampu ditahan oleh beton, dalam ukuran per centimeter persegi. Sehingga jika Anda menggunakan beton cor dengan kualitas K225, maka artinya beton itu mampu menahan kekuatan tekan hingga 225 kilogram per centimeter persegi dan seterusnya. Sehingga kalau ingin konstruksi terbaik, gunakan kualitas beton yang tertinggi.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini