Saluran pemasaran adalah komponen atau pihak-pihak yang berperan penting untuk kepentingan pemasaran. Mereka adalah orang-orangnya, organisasi, dan kegiatan yang diperlukan untuk menjadi penghubung dalam proses pengalihan, kepemilikan, dan penyampaian barang dan produsen kepada konsumen.
Saluran pemasaran juga menjadi alat yang berguna untuk manajemen, dan sangat penting untuk menciptakan strategi pemasaran yang efektif dan terencana dengan baik. Tanpa adanya saluran pemasaran, konsumen akan kesulitan untuk mendapatkan barang yang dibutuhkannya. Begitupun dengan produsen, tanpa adanya saluran pemasaran, produsen akan kesulitan untuk menyampaikan produknya kepada konsumen.
Baca Juga: Apa Itu Saldo Rekening?
Produsen dapat secara bersamaan menjangkau konsumen melalui pasar langsung, seperti situs web, atau menjual ke perusahaan atau pengecer lain yang akan menjangkau konsumen melalui saluran lain, yaitu toko. Contoh saluran jenis ini adalah waralaba.
Para pelaku bisnis yang menjadi saluran pemasaran melaksanakan fungsinya masing-masing demi mencapai sebuah tujuan, yaitu agar produk dapat sampai ke konsumen dengan mudah, tepat waktu dan dapat tersedia setiap saat ketika konsumen membutuhkannya.
Jenis Saluran Pemasaran
Ada empat jenis saluran pemasaran yaitu:
1. Saluran tingkat nol (Produsen -> Pelanggan)
Produsen menjual barang atau memberikan layanan langsung kepada konsumen tanpa melibatkan perantara seperti perantara, grosir, pengecer, agen, atau pengecer. Konsumen langsung mendatangi produsen untuk membeli produk tanpa melalui saluran lain.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami
Tag Terkait: