Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ciptakan Moderasi Beragama, Wapres Serukan Pentingya Toleransi

Ciptakan Moderasi Beragama, Wapres Serukan Pentingya Toleransi Kredit Foto: Instagram/kyai_marufamin
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin menekankan toleransi menjadi kunci dalam menjaga keberagaman antarumat beragama. Keberagaman ujar Wapres, jika dirawat dengan pengetahuan dan toleransi akan menjadi modal luar biasa bagi bangsa.

“Toleransi adalah kuncinya. Toleransi membimbing kita pada moderasi beragama sehingga terhindar dari fanatisme yang dapat mengarah pada fundamentalisme, radikalisme maupun ekstremisme,” Kata Maruf saat meresmikan enam rumah ibadah di Universitas Pancasila di Jakarta, kemarin.

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, toleransi di Indonesia bukan gagasan baru. Toleransi telah diperkenalkan oleh para pendiri bangsa sejak dahulu, salah satunya tercantum dalam lima sila pada Pancasila.

“Toleransi bukanlah gagasan baru. Toleransi telah menjadi warisan budaya adiluhung bangsa Indonesia yang telah hidup dan membersamai kita sejak ratusan tahun silam,” urai Wapres.

Ia menuturkan Pancasila lahir dari semangat mempersatukan berbagai bentuk kemajemukan di tanah air, dari budaya, bahasa, suku, etnis, hingga keberagaman agama. Oleh karena itu, Pancasila merupakan titik temu antar berbagai latar belakang kemajemukan tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Wapres menyampaikan pembangunan rumah ibadah agama-agama yang berdekatan pada satu area merupakan salah satu bentuk pengamalan nilai luhur Pancasila.

Terutama dalam mengukuhkan toleransi antarumat. Sehingga, ia berharap hal ini tidak hanya dijadikan sebagai simbol toleransi semata namun juga sebagai bentuk memperkuat sinergi lintas agama.

“Saya harapkan tidak hanya menjadi simbol toleransi dan cerminan sikap saling menghargai. Namun lebih dari itu, juga memudahkan koordinasi dan kerja sama lintas agama serta menjadi perekat persatuan bangsa,”pungkasnya.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan