Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Resmikan Pasar Legi, Puan Berharap Ekonomi Solo Segera Bangkit

Resmikan Pasar Legi, Puan Berharap Ekonomi Solo Segera Bangkit Kredit Foto: Instagram/Puan Maharani
Warta Ekonomi -

Ketua DPR Puan Maharani meresmikan Pasar Legi di Solo. Dengan kembali beroperasinya Pasar Legi, ia berharap agar perekonomian di Surakarta bisa bangkit usai ditempa badai pandemi Covid-19. 

Kehadiran Puan untuk meresmikan Pasar Legi didampingi oleh sejumlah Anggota DPR, Kamis (20/1/2022). Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka juga turut mendampingi. 

“Bersama-sama kita jadikan Pasar Legi sebagai simbol kebangkitan ekonomi Surakarta pasca pandemi, meningkatkan ekonomi lokal dan menjadi ikon kebanggaan warga Kota Surakarta,” kata Puan

Pasar Legi sempat mengalami kebakaran pada 2018 dan membuat 250 kios yang ada di dalamnya tidak bisa diselamatkan. Puan pun bercerita, saat itu ia masih menjabat sebagai Menko PMK dan memberikan atensi yang serius. 

“Saya punya ikatan emosional khusus dengan Surakarta yang menjadi bagian dari Dapil saya yaitu Jawa Tengah V sehingga saya memberi perhatian khusus sejak 2018 terkait renovasi Pasar Legi, termasuk saya melihat progres pembangunannya di tahun 2021,” ucapnya. 

Renovasi dimulai sejak 2020 oleh Kementerian PUPR dengan total nilai Rp114,72 miliar. Puan sempat datang ketika pembangunan sudah sekitar 50% berjalan. 

Menurut Puan, ia selalu menanyakan kepada Menteri PUPR dan Gibran kapan pembangunan Pasar Legi akan selesai karena masyarakat Solo sudah menantikan.

Ia pun bersyukur akhirnya Pasar Legi bisa resmi dibuka kembali walau pembangunannya sempat terhambat akibat pandemi Covid-19. “Alhamdulillah hari ini sudah bisa dipergunakan lagi dan semoga nantinya Pasar Legi ini tidak hanya bermanfaat bagi warga sekitar Solo. Mas Wali Kota sudah menyampaikan, pasar juga juga bisa bermanfaat untuk masyarakat di Solo Raya,” sebut Puan. 

Ia juga meminta kepada Kementerian PUPR untuk melengkapi apabila ada fasilitas atau sarana di Pasar Legi yang masih kurang. Dengan begitu, kata Puan, pedagang dan masyarakat yang datang akan nyaman dan aman. 

Usai meresmikan Pasar Legi, Puan didampingi Gibran dan Menteri Basuki meninjau kios-kios yang ada di pasar. Ia juga mencoba sistem QRIS yang diterapkan untuk transaksi di Pasar Legi dengan berbelanja sayur dan buah-buahan. Saat mencoba sistem pembayaran non-tunai itu, Puan menggunakan aplikasi QRIS dari HP Gibran.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.

Editor: Boyke P. Siregar

Bagikan Artikel:

Video Pilihan