Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kisah Perusahaan Raksasa: Aisin, Produsen Internasional Terkemuka Komponen Otomotif Canggih

Kisah Perusahaan Raksasa: Aisin, Produsen Internasional Terkemuka Komponen Otomotif Canggih Kredit Foto: Reuters
Warta Ekonomi, Jakarta -

Aisin Corporation Ltd adalah produsen dan pemasok internasional terkemuka komponen otomotif canggih untuk mesin, sistem penggerak, suspensi, dan kopling. Ia masuk dalam daftar perusahaan raksasa dunia menurut Fortune Global 500. 

Tahun 2020, Fortune mencatat pendapatan total Aisin mencapai 34,81 miliar dolar AS. Total keuntungannya yakni 221 juta dolar AS tahun itu. Sementara itu, asetnya mencapai 36,94 miliar dolar AS tahun itu. 

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Scotiabank, Bank Emas Kanada yang Dimulai dengan Modal 100.000 Pound

Aisin juga terlibat secara aktif di bidang suku cadang die-cast dan peralatan rumah tangga, manufaktur mesin rajut dan jahit dan mesin pakaian lainnya, tempat tidur, perlengkapan toilet, dan AC pompa panas gas. Meskipun Aisin sedang berupaya untuk meningkatkan penjualan non-otomotif, hanya sekitar 6 persen dari penjualan tahun 1989 adalah non-otomotif.

Aisin Seiki adalah salah satu dari 15 anggota Grup Toyota, dan sekitar 22 persen dimiliki oleh Toyota Motor Corporation, dimana 70 persen produk Aisin dijual. Manufaktur peralatan asli otomotif Aisin Seiki mendominasi penjualannya.

Aisin didirikan pada tahun 1943 sebagai Tokai Aircraft Company, oleh Kiichiro Toyoda, pendiri Toyota Group. Tokai Aircraft didirikan untuk memproduksi suku cadang mesin untuk pesawat Perang Dunia II.

Pada tahun 1945, di penghujung perang, Tokai Aircraft mengalihkan produksinya ke mesin jahit dan suku cadang otomotif, keduanya produk yang pasokannya sedikit selama perang. Pada tahun 1949 Tokai Aircraft Company berganti nama menjadi Aichi Kogyo Company. Perubahan ini menandai awal berdirinya Perusahaan Aisin Seiki seperti sekarang ini.

Selama tahun 1950-an dan 1960-an, operasi Aisin terbatas di Jepang. Sebagai bagian dari Grup Toyota, Aisin tumbuh dengan mantap, memasok suku cadang ke perusahaan otomotif induknya dan terus memproduksi mesin jahit.

Tahun 1969 dan 1970-an, bagaimanapun, melihat pertumbuhan internasional yang agresif untuk perusahaan. Pada tahun 1969 Aisin mencapai kesepakatan teknis untuk roda gigi power-steering dengan Zahnradfabrik Friedrichshafen dari Jerman Barat. Aisin-Warner Limited juga didirikan sebagai perusahaan patungan pada tahun 1969.

Aisin USA dibentuk pada tahun 1970, dan pada tahun 1971 Aisin Europe didirikan di Belgia. Perjanjian teknis untuk peredam kejut bumper dibuat dengan Menasco Manufacturing Company di Amerika Serikat pada tahun 1972.

Pembentukan Aisin (UK) dan Aisin (Australia) juga berlangsung pada tahun 1972. Anak perusahaan Liberty Mexicana adalah dibentuk di Meksiko pada tahun 1973, dan Aisin do Brasil didirikan di Brasil pada tahun 1974.

Tahun 1977 melihat pembentukan Aisin Asia di Singapura, dan pada tahun 1978 Aisin Deutschland didirikan di Jerman Barat. Akhirnya, pada tahun 1979, Perusahaan Manufaktur Mesin Jahit Elite didirikan di Taiwan sebagai perusahaan patungan.

Aisin USA didirikan untuk mengimpor suku cadang mobil aftermarket untuk mobil impor --kebanyakan Toyota-- di Amerika Serikat dan juga untuk mengimpor suku cadang aftermarket yang disiapkan khusus untuk mobil buatan AS.

Pada tahun 1990 Aisin USA mengimpor dua kali lebih banyak suku cadang untuk mobil Amerika dibandingkan dengan mobil impor. Pada saat yang sama, Perusahaan Aisin Seiki memasok berbagai produk di seluruh dunia melalui jaringan 14 anak perusahaan di luar negeri dan cabangnya di Amerika Utara, Eropa, Asia Tenggara, dan di seluruh Pasifik. Pada tahun 1989, hanya 5 persen dari penjualan Aisin telah ke pasar ekspor.

Sejak Perang Dunia II ekonomi Jepang telah tumbuh dengan mantap. Peningkatan konsumsi individu membawa peningkatan tajam dalam permintaan domestik, dan bisnis berkembang.

Aisin menjawab peningkatan permintaan untuk produksi konsumen dan telah bekerja secara konsisten untuk meningkatkan efisiensi di pabriknya, meningkatkan penjualan, dan memotong biaya melalui rasionalisasi.

Manajer sektor otomotif bekerja selama akhir 1980-an untuk meningkatkan penjualan produk bodi otomotif seperti komponen jok, sun-roof, dan peralatan kontrol elektronik untuk transmisi otomatis.

Peningkatan ini berkontribusi pada pertumbuhan penjualan hampir 10 persen pada tahun 1989. Produk bodi otomotif adalah kelompok produk tunggal terbesar yang ditawarkan Aisin Seiki, yang mencakup sekitar 25 persen dari penjualan.

Pada tahun 1990 rumah dan industri Aisin dan sektor bisnis baru masih dalam skala sangat kecil tetapi berkembang pesat. Melalui perluasan penjualan pendingin udara dan tempat tidur pompa panas gas, penjualan meningkat 14,2 persen pada tahun 1989.

Hingga tahun 1990-an, penelitian dan pengembangan intensif terus berlanjut pada produk-produk baru seperti cryocooler, mesin Stirling, dan unit penggerak tambahan untuk jantung buatan manusia.

Selama akhir 1980-an Aisin melakukan upaya untuk memperkuat pengembangan proyek di Amerika Serikat dengan memisahkan divisi manufaktur dari Aisin USA dan menciptakan anak perusahaan baru, Aisin USA Manufacturing Company. Aisin America Inc juga didirikan untuk mengendalikan bersama baik divisi manufaktur maupun penjualan.

Penulis: Muhammad Syahrianto
Editor: Muhammad Syahrianto

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan