Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ada Wali yang Bilang Wayang itu Haram, Tokoh NU ini Contohkan Ucapan Gus Baha

Ada Wali yang Bilang Wayang itu Haram, Tokoh NU ini Contohkan Ucapan Gus Baha Kredit Foto: Instagram/Ahmad Bahauddin Nursalim
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sebuah video pendek memperdengarkan ceramah dari ulama Nahdatul Ulama (NU) Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha yang menjelaskan soal Wayang.

Gus Baha menjelaskan bahwa Sunan Giri menghukumi Wayang haram. Pada zaman itu, belum ada Wayang kulit, yang ada hanya Wayang Tenghul yang berbentuk patung menyerupai makhluk hidup.

“Sunan Kalijaga itu saking inginnya berdakwah, sampai membuat wayang Thengul, itu wayang berbentuk orang. Sunan Giri tidak terima, haram hukumnya membuat patung. Kalau membuat patung, nanti di akhirat disuruh berikan nyawa,” kata Gus Baha dilansir video tersebut, Kamis 17 Februari 2022.

Gus Baha mengatakan, pada awal masuk Islam di Nusantara, hanya ada Wayang Thengul, wayang ini yang dilarang dalam Islam sebab berbentuk patung.

Halaman:

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Fajar.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Fajar.co.id.

Editor: Ferry Hidayat

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan