Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dukung Ekonomi Kreatif, KEK Morotai Gelar Pameran Lukisan Bertajuk Wanderlust Indonesia

Dukung Ekonomi Kreatif, KEK Morotai Gelar Pameran Lukisan Bertajuk Wanderlust Indonesia Kredit Foto: Jababeka
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menyambut G20 yang diadakan di Indonesia pada bulan November 2022 sekaligus memperingati Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei 2022 dan mendukung ekonomi kreatif, salah satu anak usaha PT Jababeka Tbk, yakni Jababeka Morotai selaku pengembang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Morotai menyelenggarakan pameran lukisan bertema “ART Exhibition :Wanderlust Indonesia”.

Adapun acara pameran lukisan tersebut menampilkan pelukis-pelukis berbakat dari Perupa Jakarta Raya (Peruja) yaitu karya Cak Kandar, Nadia Iskandar, Andi Suandi, Novandi, dan Gogor Purwoko. Pameran bersama ini terbuka untuk umum yang dimulai dari 18 hingga 25 Mei 2022, di Menara Batavia Jakarta Pusat.

Adapun Cak Kandar merupakan pelukis yang identik dengan lukisan bulu karena sejak tahun 1969 ia sudah mengembangkan lukisan dengan media bulu unggas. Sedangkan Nadia Iskandar merupakan pelukis wanita yang identik cat air yang baru saja menarik perhatian publik lewat karya lukisannya berjudul "Kota". Kemudian, Andi Suandi merupakan sosok pelukis lukisan abstrak karena sejak awal kemunculannya konsisten mengembangkan lukisan abstrak. Lalu Novandi, seorang pelukis yang memiliki karakter lukisan yang atraktif dan lebih menonjolkan kontras warna yang tegas. Sedangkan Gogor Purwoko merupakan sosok pelukis yang telah dikenal dengan lukisan gaya abstraknya.

Baca Juga: Ajak Delegasi DEWG G20 Gala Dinner di Candi Prambanan, Menkominfo Kenalkan Budaya Indonesia

Susan Wijaya selaku General Manager Jababeka Morotai sekaligus Ketua penyelenggara Pameran Lukisan ART Exhibition:Wanderlust Indonesia, berharap pameran lukisan bisa memberikan pemahaman akan keindahan Indonesia pengunjung dan membangun optimisme bagi rekan-rekan seniman akibat pandemi, khususnya pelukis.

“Menyambut hari kebangkitan nasional 2022, kami ingin pameran lukisan menjadi tonggak untuk kita semua yang telah lama terdampak pandemi Covid-19 bisa bangkit dan kembali produktif. Total lukisan yang ditampilkan dalam pameran lukisan bersama ini sebanyak 30 lukisan,” terang Susan, di President Lounge, Jakarta, Selasa (18/5/2022).

Sementara itu, Andi Suandi selaku Ketua Perupa Jakarta Raya, menyampaikan kegembiraan sekaligus bangga atas terselenggaranya pameran bersama ini. Karena hal tersebut merupakan dari visi Peruja sendiri sebagai gerakan budaya. 
Baca Juga: Kenalkan Angklung, Sekjen Kominfo Ajak Delegasi Sidang Kedua DEWG G20 Terapkan Harmoni

“Semoga pameran ini memberikan pandangan yang berbeda mengenai aktivitas dan gerakan pelukis yang ada di Jakarta,” terangnya.

Tak lupa Susan pun menerangkan progres mengenai Kawasan Ekonomi Khusus Jababeka Morotai. Dijelaskannya, bahwa KEK Morotai di Provinsi Maluku Utara KEK Morotai terus mengembangkan kawasan industri terpadu dan kawasan pariwisata dan bergerak maju. 

Hingga 2020, sudah banyak investor asing yang berinvestasi, baik di Kawasan Industri Jababeka Morotai semisal membangun Pusat Listrik Tenaga Surya (PLTS), maupun Kawasan Pariwisata dengan membangun resort baru dan membangun exhibition hall untuk memamerkan karya seni dan budaya di Morotai.

Akomodasi bagi wisatawan pun beragam, mulai hotel D’aloha dan Marahai sampai Apartemen Falila Loft Studio – yang juga dioperasikan sebagai hotel. Sementara itu, kebetulan di President Lounge –yang merupakan tempat pameran lukisan terdapat show unit Falila Loft Studio yang ada di KEK Morotai. Sehingga, pengunjung pameran selain melihat lukisan-lukisan juga bisa melihat show unit di sana jika tertarik liburan ke KEK Morotai.

Penulis: Annisa Nurfitriyani
Editor: Annisa Nurfitriyani

Tag Terkait:

Bagikan Artikel:

Video Pilihan