Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Wamenparekraf Apresiasi 'Indonesia Design District' Dukung Pertumbuhan Industri Kreatif

Wamenparekraf Apresiasi 'Indonesia Design District' Dukung Pertumbuhan Industri Kreatif Kredit Foto: Kemenparekraf
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo mengapresiasi segera hadirnya "Indonesia Design District (IDD)" sebagai pusat desain dan furniture di Jakarta.

Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo saat menghadiri "Groundbreaking Indonesia Design District", Senin kemarin di Pantai Indah Kapuk, Jakarta, mengatakan furnitur dan home living merupakan salah satu sektor yang potensial karena kualitas dan keunikan serta reputasi Indonesia dari karya pahatan dan artistik sudah dikenal dunia.

Baca Juga: Kemenparekraf Ajak Pelaku Pariwisata Turut Aktif Tanggulangi Bencana

Kehadiran IDD diharapkan Wamenparekraf nantinya dapat mendukung pertumbuhan industri kreatif dan furnitur (home living) tanah air sekaligus menjadi destinasi wisata belanja baru bagi wisatawan.

"Pasar ekspornya juga sangat menjanjikan. BKPM memprediksi potensi ekspor sektor ini tumbuh 20% setiap tahunnya," kata Wamenparekraf Angela dalam keterangan tertulisnya, Selasa (31/5/2022).

Meski sempat terdampak akibat pandemi, sektor ini menunjukan resiliensi yang tinggi dan bisa pulih dengan cepat. Data Kementerian Perindustrian menunjukkan pada kuartal pertama tahun lalu industri furnitur mengalami pertumbuhan sebesar 8,04% dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya yang terkontraksi akibat pandemi.

Baca Juga: Wamenparekraf Tinjau Kesiapan GWK untuk Fieldtrip Delegasi GPDRR 2022

Sementara dari sisi ekonomi kreatif, kriya atau kerajinan di Indonesia merupakan 3 besar penyumbang PDB ekonomi kreatif nasional atau di kisaran 14-15%. Data salah satu marketplace terbesar di Indonesia juga menunjukkan bahwa kerajinan dan dekorasi rumah menjadi salah satu produk yang paling laris pada tahun lalu selama pandemi. 

"Jadi ini menunjukkan bahwa potensi furnitur dan home living di Indonesia sangat besar. Dan ditopang dengan konsumsi dalam negeri yang juga sebenarnya sangat potensial, pasar domestik ini harus kita garap. Apalagi populasi Indonesia saat ini didominasi usia muda dan produktif," ujarnya.

Menurutnya, dengan hadirnya Indonesia District merupakan momentum tepat yang tidak hanya menangkap potensi dari pasar dalam negeri namun juga wisatawan mancanegara.

"Kita ke depan berharap IDD ini bisa jadi destinasi wisata belanja yang besar khususnya dalam bidang furnitur dan home living serta menjadi wadah untuk ekosistem lekonomi kreatif lokal seperti arsitek, interior designer, product designer, dan lainnya. IDD bisa menjadi pusat showcasing dari para pelaku ekonomi kreatif dan memberikan akses pasar kepada produk dan brand furnitur serta home living dari Indonesia," ujarnya.

Pemerintah sendiri dikatakannya berkomitmen untuk terus mendorong konsumsi dalam negeri yang dimulai dengan kampanye nasional Bangga Buatan Indonesia yang mendorong UMKM untuk go digital.

Baca Juga: Menparekraf Temui Presiden Majelis Umum PBB Bahas Resiliensi Keberlanjutan Sektor Pariwisata

"Data terakhir sudah sekitar 18,5 juta UMKM yang go digital dan tahun ini kami berkomitmen agar bisa mendorong satu juta produk UMKM masuk ke e-katalog dalam LKPP sehingga bisa mewujudkan belanja pemerintah ke produk lokal sebesar Rp586 triliun. Dan ini tidak menutup kemungkinan untuk belanja produk-produk furnitur dan home living," kata Wamenparekraf Angela.

"Sekali lagi selamat atas ground breaking Indonesia Design District semoga dengan inovasi yang baru ini kita bisa menggairahkan industri pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Wamenparekraf Angela.

Soesilawati selaku Project Director IDD mengatakan, IDD akan berdiri di atas lahan seluas 10 hektare di Pantai Indah Kapuk 2 (PIK 2). Dikembangkan oleh Agung Sedayu Group dan Salim Group, one-stop home & living furniture center ini akan menjadi showcase bagi lebih dari 200 brand terkemuka.

Baca Juga: Menparekraf: Indonesia Siap Tampilkan Pariwisata Tangguh Bencana ke Delegasi GPDRR 2022

Mengusung konsep outdoor oriented mall, masing-masing toko akan berdiri sendiri dan pengunjung bisa berjalan-jalan santai dari satu toko ke toko lain yang terhubung dengan koridor yang luas. Suasana hijau dan berbagai fasilitas penunjang yang disediakan akan membuat pengalaman berbelanja semakin nyaman.

Ia mengatakan IDD yang ditargetkan beroperasi pada kuartal 4 tahun 2023 akan melengkapi fasilitas dan layanan bagi masyarakat dan wisatawan di PIK 2.

"Kami mempunyai visi menjadikan PIK 2 sebagai destinasi wisata baru masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Karenanya kami berkomitmen menghadirkan proyek-proyek yang baik di lokasi ini," kata Soesilawati.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Ayu Almas

Bagikan Artikel: