Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Cacar Monyet Tembus 3.200 Kasus di Dunia, Hubungan Sesama Jenis Laki-laki Disorot Bos WHO

Cacar Monyet Tembus 3.200 Kasus di Dunia, Hubungan Sesama Jenis Laki-laki Disorot Bos WHO Kredit Foto: Reuters/Denis Balibouse
Warta Ekonomi, London -

Lebih dari 3.200 kasus cacar monyet (monkeypox) yang dikonfirmasi dan satu kematian dilaporkan ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai bagian dari wabah saat ini.

Ada kebutuhan untuk pengawasan intensif di masyarakat yang lebih luas, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan pada Kamis (23/6/2022). Dia menambahkan bahwa kasus di negara-negara non-endemik masih didominasi oleh laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki.

Baca Juga: Terbang dari Inggris dan Tiba di Singapura Bawa Cacar Monyet, Pria Ini Langsung Dikarantina

"Penularan dari orang ke orang sedang berlangsung dan kemungkinan diremehkan," kata bos WHO pada pertemuan Komite Darurat Peraturan Kesehatan Internasional (2005), dilansir Reuters.

Pertemuan para ahli diselenggarakan oleh WHO untuk memutuskan apakah akan menyatakan cacar monyet sebagai darurat kesehatan global.

Sebuah "darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional" adalah tingkat kewaspadaan tertinggi WHO. Empat puluh delapan negara telah melaporkan kasus dalam wabah saat ini, yang dimulai pada Mei.

Ada hampir 1.500 kasus yang diduga cacar monyet tahun ini di Afrika Tengah dan 70 kematian, kata Tedros.

Kepala WHO meminta negara-negara anggota untuk berbagi informasi tentang virus karena akan membantu badan tersebut dalam tujuannya untuk mendukung negara-negara untuk menahan penularan.

Baca Juga: Clear! Pengamat Temukan Kecocokan Politik Depan Layar dan Belakang Layar dari Jokowi, Skema Ini Disebut Bakal Terjadi di Pilpres 2024

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel: