Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Afrika Selatan Konfirmasi Kasus Pertama Cacar Monyet, Pasien Tak Punya Riwayat Perjalanan

Afrika Selatan Konfirmasi Kasus Pertama Cacar Monyet, Pasien Tak Punya Riwayat Perjalanan Kredit Foto: Reuters/CDC/Cynthia S. Goldsmith, Russell Regnery
Warta Ekonomi, Johannesburg -

Afrika Selatan melaporkan adanya kasus pertama cacar monyet di negara tersebut. Hal itu dikonfirmasi oleh Menteri Kesehatan Afrika Selatan Joe Phaahla bahwa pihaknya menerima informasi dari layanan laboratorium.

Pasien yang terkonfirmasi cacar monyet tersebut merupakan seorang pria yang berusia 30 tahun berasal dari Johannesburg. 

Baca Juga: Cacar Monyet Tembus 3.200 Kasus di Dunia, Hubungan Sesama Jenis Laki-laki Disorot Bos WHO

Pria yang terinfeksi cacar monyet tersebut diketahui tidak memiliki catatan atau riwayat perjalanan.

"Artinya ini tidak dapat dihubungkan dengan penularan dari luar Afrika Selatan," ungkap Menteri Kesehatan Afrika Selatan dalam konferensi pers.

Terkait dengan hal tersebut, proses pelacakan kontak juga telah dilakukan.

Cacar monyet merupakan penyakit menular yang menyebabkan gejala seperti flu dan kondisi lesi kulit. Penyakit tersebut merupakan endemi di beberapa bagian Afrika namun tidak di Afrika Selatan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan memutuskan pada Kamis apakah mereka akan mengumumkan cacar monyet sebagai kedaruratan kesehatan global.

Langkah tersebut mengundang kritik dari sejumlah ilmuwan terkemuka Afrika yang mengatakan bahwa penyakit tersebut telah menjadi krisis bagi sejumlah negara Afrika selama bertahun-tahun. 

Baca Juga: Kurangi Emisi Karbon, BRI Bagikan 1,75 Juta Pohon Hingga 2023

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Editor: Muhammad Syahrianto

Advertisement

Bagikan Artikel: