Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Perekonomian Sumut Hingga saat Ini Makin Baik

Perekonomian Sumut Hingga saat Ini Makin Baik Kredit Foto: Khairunnisak Lubis
Warta Ekonomi, Medan -

Berbagai indikator ekonomi terkini di Sumatera Utara terus menunjukkan perbaikan dan mengindikasikan perekonomian yang tetap tumbuh. Ini membuktikan perekomian Sumut hingga saat ini makin baik.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Ibrahim, mengatakan bahwa pulihnya ekonomi di Sumatera Utara tercermin pada meningkatnya mobilitas masyarakat yang dapat mendorong konsumsi.

Baca Juga: Laba Bank Sumut Meningkat 12.4%, Pencapaian KUR Naik 101,8%

"Peningkatan konsumsi masyarakat juga terkonfirmasi melalui peningkatan keyakinan konsumen dan indeks penjualan riil," katanya, Rabu (27/7/2022).

Dikatakannya, hasil liaison Bank Indonesia juga mengonfirmasi akan adanya peningkatan permintaan domestik dan juga ekspor di tengah kenaikan biaya bahan baku serta energi dampak krisis global yang terus berlanjut.

"Kinerja kredit perbankan juga terus meningkat disertai dengan tingkat risiko yang menurun. Perkembangan tersebut makin mengindikasikan aktivitas ekonomi yang terus membaik," ujarnya.

Ia melihat perekonomian Sumatera Utara tahun 2022 diprakirakan tetap tumbuh lebih tinggi dari tahun 2021 dengan kisaran 3,5-4,3%. "Kian pulihnya mobilitas dan membaiknya daya beli akan mendorong konsumsi masyarakat," ucapnya.

Ia menjelaskan, tingginya harga komoditas utama, khususnya di periode semester II, serta didukung berlanjutnya Program Pemulihan Ekonomi Nasional juga diprakirakan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara tahun 2022 lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya.

Namun demikian, ungkapnya, konflik geopolitik yang masih berlanjut dan berisiko memperpanjang krisis rantai pasok global serta potensi risiko melambatnya pertumbuhan ekonomi global yang dapat berpengaruh terhadap permintaan menjadi hal yang perlu diwaspadai.

Baca Juga: Kemampuan Dana Terbatas, IFG : Kami Butuh Dukungan Pemerintah Untuk Selamatkan Polis Jiwasraya

Penulis: Khairunnisak Lubis
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Advertisement

Bagikan Artikel: