Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Luwes dan Kreatif, Isi Dunia Digital dengan Konten Positif

Luwes dan Kreatif, Isi Dunia Digital dengan Konten Positif Dalam rangka mendorong pasar luar negeri, raksasa media sosial China Weibo sedang mempertimbangkan untuk meluncurkan produk baru dalam bahasa yang berbeda. | Kredit Foto: Brent Lewin—Bloomberg/Getty Images
Warta Ekonomi, Jakarta -

Transformasi digital membawa perubahan besar pada jenis pekerjaan dan bisnis yang berkembang saat ini. Netizen Indonesia bisa menggunakan media sosial secara lebih produktif dengan membuat konten-konten bermanfaat bagi orang dan mendapat berbagai peluang keuntungan.

Key Opinion Leader (KOL) dan Public Figure, Fanny Fabriana mengatakan, konten positif di media sosial membuka peluang usaha. Konten-konten ini berupa video, foto, hingga kata-kata. Temanya bisa beragam dan terpenting hal-hal disukai pengguna media sosial.

Baca Juga: 103 Perusahaan dengan Digital Marketing Terbaik Kantongi Penghargaan IGDMA 2022 oleh Warta Ekonomi

“Kalau yang baru, biasanya masih ngulik. Tidak apa coba-coba. Yang kita suka banyak, yang penting apapun konten ditampilkan di media sosial memang kita suka,” kata Fanny saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kota Mojokerto, Jawa Timur, pada Rabu (2/8/2022).

Dengan tema yang disukai, netizen akan lebih luwes dan kreatif dalam membuat konten. Namun, tidak menutup kemungkinan seseorang menampilkan lebih dari satu tema. Hal ini biasa digunakan untuk mencari tahu apa yang disukai follower. Apalagi kalau ingin menjadikan media sosial lebih bermanfaat untuk orang dan mendapat berbagai peluang.

Namun, Fanny mengingatkan, membuat konten banyak peminat sebaiknya tidak dijadikan target utama. Individu yang cakap digital lebih mengutamakan konten bermanfaat dan menarik. Sehingga terhindar dari beban ketika berkarya.

Baca Juga: "Sepertinya Bharada E Saja yang Menanggung Kasus Kematian Brigadir J"

“Takutnya ketika peminat kurang, justru membuat kita drop. Jadi mendingan goal diganti membuat konten menarik dan bermanfaat. Karena kalau kita buat konten bermanfaat, secara otomatis ada peminatnya,” kata Fanny.

Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan media sosial.

Dapat dikatakan pengguna internet mencapai 61.8% dari total populasi Indonesia.

Baca Juga: Oknum KAI Lecehkan Penumpang, Erick Thohir Langsung Turun Tangan!

Menurut Survei Literasi Digital di Indonesia pada tahun 2021, Indeks atau skor Literasi Digital di Indonesia berada pada angka 3,49 dari skala 1-5. Skor tersebut menunjukkan bahwa tingkat literasi digital di Indonesia masih berada dalam kategori Sedang.

Sebagai respons untuk menanggapi perkembangan TIK ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital. Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Melalui program ini, 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kota Mojokerto, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi. Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya untuk berbagi terkait budaya digital antara lain Entrepreneur & Founder of Coffee Meets Stocks, Billy Tanhadi. Kemudian Dosen Ilmu Komunikasi dan Sekretaris PWI Jatimtim, Dr. Cand. Drs.Eko Pamuji, M.I.Kom, serta mengundang Key Opinion Leader (KOL) dan Public Figure, Fanny Fabriana.

Baca Juga: Rebranding Rumah Sakit Jadi Rumah Sehat, Kenapa Anies Baswedan Tak Gunakan Puskesmas Saja?

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital 2022 hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel: