Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Manfaat Penggunaan Aplikasi HR bagi Perusahaan

Manfaat Penggunaan Aplikasi HR bagi Perusahaan Kredit Foto: Appsensi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kemajuan teknologi membuat banyak hal menjadi lebih mudah. Salah satunya adalah menerapkan manajemen karyawan dalam perusahaan. Untuk mempermudah proses administrasi karyawan yang cukup panjang dan rumit, maka perusahaan membutuhkan media yang dapat memangkas proses tersebut tanpa mengurangi kualitas output yang akan dihasilkan. Hal itu dapat dilakukan dengan menambah jumlah karyawan atau meningkatkan sistem yang digunakan. 

Baca Juga: RSCM dan Kimia Farma Apotek Luncurkan Layanan Tebus Resep Online Melalui Aplikasi SmartRSCM

Baca Juga: MKI Anak Usaha Pasok Usaha SIG Pasok 1.668 Ton Semen Mortar untuk Pembangunan Gedung BUMN Center

Saat ini berbagai perusahaan sudah beralih menggunakan Aplikasi HR untuk memaksimalkan kinerja departemen HR. Selain mengurangi jumlah karyawan yang dibutuhkan untuk mengurus administrasi karyawan, aplikasi HR juga meminimalisasi biaya yang dikeluarkan untuk menyediakan sarana dan peralatan yang dibutuhkan perusahaan. Dengan kata lain, aplikasi HR membuat perusahaan menjadi lebih efisien dalam mengerjakan tugas HRD. 

Baca Juga: Luncurkan Aplikasi AMPERE Gatrik, Kementerian ESDM: Mudahkan Pelaporan Badan Usaha Penyedia Listrik

"Teknologi tidak hanya memudahkan proses administrasi karyawan seperti pengajuan cuti, atau pembuatan report. Dengan adanya kemajuan teknologi seperti aplikasi HR, HRD tidak perlu lagi menghitung gaji pokok beserta komponen gaji karyawan lainnya secara manual karena perhitungan akan dilakukan secara otomatis by sistem," ujar Albi Panatagama, selaku Marketing and PR Manager Appsensi dalam salah satu keterangan tertulisnya, Selasa (9/8/2022). 

Salah satu aplikasi HR yang dapat dipilih oleh perusahaan adalah Appsensi. Appsensi sendiri merupakan aplikasi absensi online yang memberikan solusi manajemen karyawan baik untuk usaha kecil dan menengah hingga perusahaan multinasional. Dengan Appsensi, perusahaan dapat dengan mudah mengatur jadwal kerja karyawan hingga pemantauan kinerja karyawan secara real-time

Berikut keuntungan yang didapatkan perusahaan dengan penggunaan aplikasi HR:

Baca Juga: RSCM dan Kimia Farma Apotek Luncurkan Layanan Tebus Resep Online Melalui Aplikasi SmartRSCM

1. Memaksimalkan Kinerja Divisi HR 

Pengelolaan manajemen sumber daya manusia pada dasarnya memakan banyak waktu karena memiliki proses yang panjang melalui beberapa tahapan. Oleh karena itu, aplikasi dapat membantu HRD dengan mengotomatisasi beberapa tahapan menjadi lebih cepat dan akurat. 

2. Minimalisasi Biaya Operasional

Tidak hanya efektif, penggunaan aplikasi juga menjadi alternatif bagi perusahaan untuk menghemat biaya. Dengan penggunaan aplikasi seperti Appsensi, perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyediakan fasilitas absen manual karena absensi dapat dilakukan secara online melalui smartphone masing-masing karyawan. Selain itu akurasi pencatatan absensi juga meningkat karena absen terekam secara real-time. 

Baca Juga: Xendit PHK 5% Karyawan di Indonesia dan Filipina, Ada apa?

Editor: Ayu Almas

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel:

Berita Terkait