Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pertamina Dorong Pemanfaatan Produk Dalam Negeri dalam Industri Perhotelan

Pertamina Dorong Pemanfaatan Produk Dalam Negeri dalam Industri Perhotelan UMKM binaan Pertamina | Kredit Foto: Pertamina
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Pertamina (Persero) berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  (Kemenparekraf) menginisiasi penyelenggaraan Temu Bisnis Penguatan Rantai Pasok Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memberikan pernyataan bahwa para stakeholder pariwisata di Danau Toba diharapkan bukan hanya membantu di hotel dan restoran, tapi ekosistemnya karena semuanya berpeluang menghadirkan peluang usaha dan lapangan kerja.

“Program-program kami menghadirkan satu solusi konkret, membantu masyarakat, kita berempati, kita merangkul UMKM supaya mereka bisa menghadapi situasi yang cukup berat ini," ujar Sandi dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa (16/8/2022).

Baca Juga: Pertamina Apresiasi Kepolisian Usai Tindak 49 Kasus Penyalahgunaan BBM Subsidi

Manager SMEPP Pertamina, Rudi Ariffianto menyampaikan bahwa para pelaku UKM harus terus mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam menghadapi masa kebiasaan baru pascapandemi. 

“Pertamina melalui program PUMK hadir di tengah-tengah masyarakat untuk tumbuh dan berkembang sebagai langkah nyata peningkatan usaha menjadi produktif, efisien, dan tentu saja profitable,” ujarnya.

Kegiatan ini sebagai langkah tindak lanjut dari peningkatan sektor pariwisata yang menjadi peluang peningkatan ekonomi UMKM. 

Pertamina mendukung program Pemerintah dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional melalui pemberdayaan UMKM sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Untuk itu, dalam menjalankan perannya, Pertamina bekerja sama dengan Kemenparekraf berupaya untuk memberdayakan dan mengembangkan serta memfasilitasi UMKM dengan menggelar Business Matching yang bertujuan mempertemukan antara pelaku UMKM dengan industri perhotelan.

Rangkaian Business Matching ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian di DPSP Danau Toba, yang menjembatani para pelaku UMKM untuk mempromosikan produknya agar terjadi transaksi penjualan. 

Adapun para pelaku UMKM sebelumnya sudah mendapatkan pembekalan berupa pelatihan yang sudah dilakukan sebelumnya, di mana pelatihan difokuskan mempelajari komunikasi bisnis dan teknik negosiasi bagi pelaku UMKM agar memiliki rasa percaya diri ketika harus berhadapan langsung dengan potensial buyer untuk mempresentasikan produk unggulannya. 

Vice President CSR & SMEPP Management Pertamina, Fajriyah Usman memastikan para UMKM mitra binaan di Danau Toba mampu menyuguhkan produk–produk unggulan berkualitas tinggi yang tidak kalah dengan brand besar.

"Saya optimis bahwa para pelaku UMKM sudah siap bersaing dan bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan peluang penjualan," ujarnya. 

Menurutnya, ini menjadi momentum penting bagi pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Dukungan yang bertubi–tubi yang telah diberikan oleh pemerintah harus dimanfaatkan sebaik–baiknya, meningkatkan kreativitas dalam melakukan inovasi harus terus dilakukan. Melalui pelatihan yang diberikan oleh Pertamina sebelumnya, diharapkan dapat mempertajam kemampuan UMKM dalam menghadapi persaingan. 

Pada hari UMKM Nasional 2022 ini, Pertamina terus melakukan penyelenggaraan pembinaan bagi UMKM dan melakukan pembenahan yang lebih terstruktur dalam rangka upaya UMKM naik kelas. 

"Semoga kegiatan Business Matching dapat berjalan lancar dan pemulihan ekonomi nasional dapat tercapai," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Rosmayanti

Bagikan Artikel: