Misi Luar Angkasa China di Bulan Tampaknya Temukan Mineral Baru, Ilmuwan Kasih Fakta Mengejutkan Kredit Foto: Antara/Paramayuda
Warta Ekonomi, Beijing -

Misi robot Chang'E-5 China di Bulan tampaknya menemukan lebih dari sekadar air di permukaan satelit alami Bumi itu. Para ilmuwan mengkonfirmasi penemuan mineral baru, kristal tansparan bernama Changesite-(Y), serta bahan bakar fusi potensial menjanjikan.

Dalam pengumuman bersama dari Administrasi Luar Angkasa Nasional China dan otoritas Energi Atom China pekan lalu, China merayakan mineral baru pertama yang ditemukan di Bulan, dan yang keenam oleh umat manusia.

Baca Juga: Taiwan Butuh Senjata Mumpuni buat Hadapi Invasi China

"Changesite-(Y) adalah sejenis kristal kolumnar transparan tak berwarna. Ini ditemukan dari analisis partikel basal bulan oleh tim peneliti dari Beijing Research Institute of Uranium Geology, anak perusahaan Perusahaan Nuklir Nasional China," tulis kantor berita China Xinhua,

Sampel yang dianalisis dan dikonfirmasi oleh Asosiasi Mineralogi Internasional sebagai mineral baru ditemukan di antara hanya 1.731 g (61 oz) sampel bulan yang dibawa kembali oleh misi Chang'E 5 pada tahun 2020, batuan Bulan pertama yang dibawa kembali ke Bumi sejak 1976. Ini adalah partikel kristal tunggal dengan radius sekitar 10 mikron.

Pengangkutan ini juga menghasilkan angka pertama di sekitar konsentrasi helium-3 dalam debu Bulan, dan para peneliti telah berhasil menyimpulkan "parameter ekstraksi" yang diperlukan untuk memanen isotop ini dari sampel yang dikembalikan.

Helium-3 dianggap sebagai bahan bakar potensial yang menjanjikan untuk fusi nuklir. Dengan dua proton dan hanya satu neutron, ini unik sebagai satu-satunya isotop stabil yang diketahui dari elemen apa pun yang memiliki lebih banyak proton daripada neutron.

Secara teoritis, reaksi fusi deuterium/helium-3 akan membebaskan 164,3 megawatt-jam energi per gram helium-3 dan yang terpenting, baik helium-3 maupun produk reaksinya tidak bersifat radioaktif, sehingga tidak akan mengubah komponen reaktor menjadi radioaktif. sakit kepala pembuangan limbah nuklir seperti reaktor deuterium-tritium.

Ada kerugiannya, reaktor fusi helium-3 perlu beroperasi pada suhu yang jauh lebih tinggi daripada reaktor tritium, misalnya, dan helium-3 sangat langka dan sulit diisolasi di Bumi.

Memang, cara utama itu diproduksi hari ini adalah dengan menunggu tritium di hulu ledak nuklir dan timbunan terkait membusuk, kemudian menariknya dalam jumlah kecil, dengan total sekitar 15 kg (33 lb) per tahun. Ini secara alami hadir di atmosfer bumi, tetapi pada konsentrasi kecil 7,2 bagian per triliun. Ini juga hadir dalam gas primordial di mantel bumi, tetapi umumnya tidak dapat diakses.

Tapi itu tentu sangat berharga, karena AS telah mulai menggunakannya dalam pendeteksi neutron yang memindai bahan nuklir di penyeberangan perbatasan AS, sangat meningkatkan permintaan dan menaikkan harga.

Ini mencapai angka US$17.540 per gram belakangan ini, dengan permintaan diperkirakan akan terus meningkat – itulah sebabnya banyak analis percaya bahwa ini adalah kandidat yang sangat baik untuk penambangan bulan.