Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tiru Kesuksesan Indomie, Populerkan Budaya Indonesia Hingga Benua Lain

Tiru Kesuksesan Indomie, Populerkan Budaya Indonesia Hingga Benua Lain Kredit Foto: Unsplash/Damian Zaleski
Warta Ekonomi, Jakarta -

Generasi muda Indonesia semakin berinisiatif melestarikan kebudayaan Indonesia melalui digitalisasi budaya. Beberapa konten bahkan menarik perhatian dunia. Kesempatan ini harus dimanfaatkan netizen Indonesia untuk memperluas kepopuleran budaya Indonesia.

Founder-Komisaris Lenere Business Suite, Eko Prasetyo mengatakan, netizen Indonesia dapat belajar dari kesuksesan Indomie.  Sekarang produk ini berada di semua benua, setelah lebih dulu populer secara nasional.

“Warga negara kita dulu yang makan Indomie, yang ramai beli, mempopulerkan secara nasional, kemudian dipopulerkan ke luar negeri,” kata Eko saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kota Mojokerto, Jawa Timur, pada Kamis (22/9/2022).

Baca Juga: 318 UKM Jabar ikuti Pelatihan Digitalisasi SBM ITB

Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan media sosial.

Sekarang ini YouTuber Alffy Rev membuat karya mengagumkan berisi tentang keragaman budaya Indonesia. Netizen, lanjut Eko, bisa berkontribusi menyebarluaskan konten-kontennya sehingga dikenal secara nasional dan mendunia.

“Yang bisa kita lakukan paling murah meriah, kita buat gosip. orang berpikir gosip konotasi negatif. Kita buat gosip positif. Kita broadcast lagu-lagu Alffy Rev ke WhatsApp Group, Telegram, dan lain sebagainya,” kata Eko.

Sebagai respons untuk menanggapi perkembangan TIK ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital.

Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Melalui program ini, 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kota Mojokerto, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi. Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya untuk berbagi terkait budaya digital antara lain Founder-Komisaris Lenere Business Suite, Eko Prasetyo. Kemudian Relawan Mafindo Jombang, Guru SMAN Ploso Jombang, Hanifah Atmi Nurmala, serta mengundang Pustakawan ITS Surabaya, Relawan Mafindo Surabaya Raya, Mizati Dewi Wasdiana, S.Hum.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital 2022 hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi, bisa klik ke Instagram @siberkreasi dan @literasidigitalkominfo.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: