Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ini yang Harus Dilakukan Mark Zuckerberg Jika Ingin Perusahaannya Berjaya Lagi

Ini yang Harus Dilakukan Mark Zuckerberg Jika Ingin Perusahaannya Berjaya Lagi Kredit Foto: Reuters
Warta Ekonomi, Jakarta -

Setelah sebelumnya mencibir Mark Zuckerberg sebagai pemimpin yang payah karena membawa Facebook ke ambang 'kehancuran'. Bill George, seorang rekan senior di Harvard Business School dan mantan CEO perusahaan teknologi medis Medtronic. Memberikan saran kepada salah satu pendiri Meta ini.

"Luangkan waktu sejenak dari pekerjaan Anda dan istirahatkan otak Anda," ujarnya mengutip CNBC Make It di Jakarta, Senin (26/9/22). "Anda perlu mundur, mengambil cuti panjang untuk mendasarkan diri pada tujuan dan nilai-nilai Anda. Ini dapat membantu Anda dan perusahaan kembali ke jalurnya.”

George telah menghabiskan dua dekade terakhir mempelajari kegagalan kepemimpinan, menyusun temuannya dalam sebuah buku baru berjudul "True North: Leading Authentic in Today's Workplace, Emerging Leader Edition."

Baca Juga: Gak Nyangka! Mark Zuckerberg dan Istri Diduga Lakukan Penyimpangan Pada Pemilu 2020 Lalu

Dia mengutip Zuckerberg sebagai salah satu contoh bos yang telah kehilangan keyakinan, nilai, dan tujuan yang dipegang teguh sebagai seorang pemimpin. Menurut George, Zuckerberg telah menjadi pemimpin yang mengutamakan keuntungan, tidak menerima saran dan menyalahkan orang lain.

George berpendapat bahwa kegagalan kepemimpinan tidak membantu Meta memperbaiki kapalnya. Pasalnya, saat ini perusahaan telah kehilangan lebih dari 60% dari nilai pasarnya sejak tahun lalu.

Berbagai faktor telah berkontribusi pada perjuangan Meta, termasuk meningkatnya persaingan dari saingan seperti TikTok dan pembaruan privasi iOS Apple yang membuat Meta lebih sulit untuk menargetkan iklan kepada penggunanya. Tak ketinggalan investasi besar Zuckerberg di ruang metaverse yang ia akui bisa kehilangan uang dalam jumlah "signifikan" selama beberapa tahun ke depan.

Baca Juga: Jelang Pilpres 2024, Anies Baswedan Dituding Gunakan Cara Busuk di Pilkada DKI, Politikus PSI Sodorkan Buktinya

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Advertisement

Bagikan Artikel: