Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tumbuh 73%, Startup F&B Haus! Catat Performa Memuaskan di H1 2022

Tumbuh 73%, Startup F&B Haus! Catat Performa Memuaskan di H1 2022 Kredit Foto: Tri Nurdianti
Warta Ekonomi, Jakarta -

Startup bidang makanan dan minuman (F&B) Haus! catat performa memuaskan di pasca pandemi. Dengan ekspansi pasar yang semakin meluas, Haus! pada tahun 2021 berhasil mencapai revenue sebanyak US$18,8 juta atau sekitar Rp280 miliar per tahun. Di semester I 2022 ini, Haus! mengalami pertumbuhan signifikan dengan performa yang mengalami kenaikan sebesar 73%.

Dalam acara media luncheon pada Kamis (13/10/2022), Gufron Syarif selaku Founder dan CEO Haus! menyampaikan bahwa pencapaian peningkatan performa Haus! ditopang oleh kinerja penjualan dari 200 lebih gerai Haus! yang tersebar di 18 kota di Pulau Jawa.

Ia mengatakan, "performa semester ini kita mengalami kenaikan 73% secara revenue dari performa tahun lalu dengan pertumbuhan toko selama semester 1 menambah 71 toko baru."

Baca Juga: Pertukaran Kripto Kanada Coinsquare Jadi Yang Pertama Menerima Pendaftaran IIROC

Pembukaan 71 gerai baru di sepanjang semester 1 2022 merupakan bukti dari kinerja positif Haus!. Dengan lebih dari 200 gerai yang tersebar, komposisi penjualan sampai saat ini masih ditopang oleh aplikasi agregator layanan pesan antar online sebanyak 69%, di mana transaksi offline yang mengisi 31% dari komposisi kini mulai menunjukkan peningkatan karena adanya perubahan perilaku dari konsumen di masa pasca pandemi.

"Sepanjang semester I 2022 lalu, kinerja penjualan masih ditopang oleh transaksi online. Namun memasuki masa pascapandemi seperti sekarang ini, terlihat masyarakat mulai kembali terbuka untuk melakukan kegiatan di ruang publik. Hal ini juga terlihat dari penjualan offline yang berangsur-angur menunjukkan peningkatan," ujar Gufron.

Sejak awal didirikan pada tahun 2018 lalu, Gufron mengungkapkan bahwa Haus! telah serius dalam menggarap produk dan layanan berkualitas tinggi untuk masyarakat middle dan aspiring middle class. Sebagai strategi dalam pengelolaan bisnis, Haus! telah mengelola lebih dari 200 tokonya secara mandiri dengan tidak menyerahkan operasional kepada pihak lain.

"Semua toko Haus! kita sendiri yang mengelola. Jadi kita tidak menyerahkan operasional kita kepada orang lain. Nah ini salah satu strategi yang kita gunakan untuk maintan dari brand sustainability," ungkap Gufron.

Ia menyampaikan bahwa saat ini sebagian besar dari bisnis franchise memutuskan untuk menyerahkan sistem opersional bisnisnya kepada orang lain, di mana hal tersebut dapat menjadi sebuah tantangan untuk memastikan terkait dengan pelayanan dan produk yang memuaskan.

Ia menjelaskan, "kita [Haus!] ingin make sure kita sendiri yang mendeliver product dan [excellent] service itu sehingga customer dapat experience yang bagus dan ujungnya mereka akan loyal terhadap brand kita."

Dengan semangat "spreading happiness through a cup of drink", Haus! memiliki komitmen untuk menyajikan produk makanan dan minuman yang bisa dijangkau dan dinikmati oleh masyarakat dari seluruh kalangan di mana hingga saat ini, Haus! telah menyajikan lebih dari 40 varian minuman kekinian dan ice cream mulai dari Rp5.000 saja.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tri Nurdianti
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: