Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu User-Generated Content?

Apa Itu User-Generated Content? Kredit Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Warta Ekonomi, Jakarta -

User-generated content (UGC) atau konten buatan pengguna adalah segala bentuk konten yang dibuat dan dibagikan oleh pengguna berdasarkan pengalaman, pendapat, ide, atau umpan balik mereka. Platform digital, terutama media sosial, adalah pusat konten yang dibuat pengguna.

Dalam hal pemasaran, UGC menjadi konten yang relevan dengan merek, bisa berupa ulasan online, foto produk, umpan balik pelanggan, video produk, dan lain sebagainya.

Karena didorong oleh pengalaman dan jujur, UGC dikenal sebagai bentuk konten yang paling andal, tepercaya, dan otentik dibandingkan dengan konten pemasaran yang dibuat oleh brand itu sendiri. Fitur-fitur ini membuat pemasar mendambakan konten buatan pengguna yang berharga ini.

Sekarang hampir setiap orang memiliki kekuatan untuk membuat konten berkualitas. Orang-orang membuat konten mereka sendiri sepanjang waktu dan membagikannya dengan orang lain secara online.

Baca Juga: Apa Itu Marketing Campaign?

Sebagai contoh:

Anda melakukan perjalanan akhir pekan dan menginap di hotel yang bagus. Anda memposting beberapa foto saat menginap di sana ke teman Facebook dan pengikut Instagram Anda, memberi tag dan memberi geotag (lokasi) pada hotel untuk menunjukkan betapa kerennya tempat itu.

Foto itu adalah user-generated content (UGC) atau konten buatan pengguna.

Sekarang, katakanlah hotel ini menemukan konten Anda di media sosial, menghubungi Anda dan menanyakan apakah mereka dapat membagikan foto Anda di saluran perusahaan mereka.

Itu adalah brand yang memanfaatkan konten buatan pengguna sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka.

Oleh karena itu, konten buatan pengguna penting untuk pemasaran yang sukses, mengutip SocialPilot di Jakarta, Kamis (24/11/22) berikut ulasannya:

1. Jangkauan dan Eksposur Luas

Tujuan pertama dari strategi pemasaran adalah untuk menjangkau audiens yang besar dengan eksposur yang sangat besar untuk meningkatkan peluang keterlibatan dan konversi.

Keterlibatan pengguna dalam kampanye dapat membantu merek mencapai tujuan ini dengan cepat dan efektif. Saat Anda membuat kampanye dengan tagar merek khusus Anda, Anda dapat mendorong pengguna untuk membagikan pandangan dan pendapat mereka menggunakan tagar di platform sosial.

Ketika pengguna melakukannya, ini memperkuat jangkauan dan paparan kampanye pemasaran Anda ke audiens yang lebih luas tanpa batasan pada aspek demografi atau geografis.

2. Konten yang Beragam dan Kreatif

Konten kreatif dan menarik adalah kebutuhan utama untuk setiap kampanye pemasaran agar berhasil. Dengan konten yang dibuat pengguna, Anda mendapatkan fungsionalitas untuk memanfaatkan konten yang beragam dan kreatif.

Saat Anda membuat konten internal, hanya ada pikiran terbatas yang bekerja, sehingga membatasi keragaman dan kreativitas konten. Tetapi ada banyak pengguna di internet dengan pemikiran dan perspektif kreatif mereka, menciptakan beragam konten yang menarik dan menarik.

Memanfaatkan konten kreatif yang beragam ini dapat membantu membuat kampanye Anda relevan dan berdampak bagi audiens, yang pada akhirnya akan bermanfaat bagi merek Anda.

3. Aliran Konten Tanpa Batas

Membuat kampanye pemasaran bukanlah acara satu kali; ini adalah proses konstan dengan kebutuhan berkelanjutan akan konten autentik yang trendi untuk kampanye.

Dengan konten yang dibuat pengguna, Anda mendapatkan aliran konten tanpa batas yang dibuat terus menerus oleh pengguna. Jadi, ini menghilangkan kerumitan melakukan investasi dalam pembuatan konten yang konstan.

Selain itu, UGC dapat membuat kampanye pemasaran Anda tetap hidup lebih lama dari biasanya di ekosistem digital. Misalnya, Anda membuat kampanye di sekitar tagar khusus Anda. Sekarang mungkin memudar dalam sebulan atau lebih, tetapi tagar dan konten di sekitarnya akan ada untuk waktu yang lama.

4. Pendekatan Manusiawi

Pendekatan manusiawi berarti menambahkan elemen emosional dan membangun hubungan ke dalam pemasaran Anda. Dengan pemasaran merek dasar, tidak mungkin menyampaikan emosi yang menghubungkan konsumen dengan merek.

Tetapi konten yang dibuat pengguna memungkinkan pemasar untuk membangun hubungan emosional dengan audiens, mendapatkan kepercayaan mereka, menunjukkan keaslian, dan membentuk hubungan yang bermakna.

UGC menyoroti bagaimana pelanggan lain memiliki pengalaman dengan merek Anda, menghasilkan perasaan empati atau bahkan mungkin iri. Memanfaatkan emosi konsumen membantu meningkatkan keterlibatan dan konversi merek mereka dengan kesuksesan jangka panjang.

5. Membangun Komunitas Online

Manusia cenderung membentuk komunitas, baik kecil maupun besar, dengan orang lain yang berpikiran sama dengan minat, kesukaan, preferensi, atau berbagi pengalaman konsumsi produk/jasa suatu merek yang sama.

Jadi, dengan menggunakan konten pelanggan setia atau pendukung merek Anda, Anda dapat membangun komunitas online pelanggan Anda. Harley-Davidson adalah contoh yang sangat baik untuk memiliki komunitas online yang berpengaruh.

Komunitas ini membantu dalam membuat konten buatan pengguna yang positif tentang merek di jaringan mereka yang meningkatkan lalu lintas, keterlibatan pengguna, paparan merek, keinginan, peluang konversi untuk merek, dan advokasi merek.

6. Manajemen Konten Kurasi Mudah

Tidak selalu mudah untuk membuat konten untuk kampanye pemasaran karena membutuhkan investasi besar. Namun, dengan UGC, Anda dapat dengan mudah menyusun konten terbaik dan paling berharga dari platform digital.

Selain itu, manajemen konten mudah dan sederhana dengan mengelola hak atas konten pengguna dan menggunakannya kembali untuk kampanye merek Anda. Ada berbagai alat dan platform UGC yang dapat Anda gunakan untuk mengelola hak konten dan kurasi yang kuat.

Mengelola hak dan kurasi konten membantu memberikan keamanan hukum dan meningkatkan pengembalian investasi dan membangun hubungan merek-pengguna.

7. Tingkatkan Keterlibatan Pengguna

Apa yang dilihat konsumen untuk terlibat dengan kampanye merek? Jawabannya cukup sederhana: kampanye harus memiliki konten yang menarik atau menarik, elemen interaktif, keaslian dan kreativitas, kepercayaan, dan proposisi nilai.

Semua atribut ini hadir dalam konten yang dibuat pengguna, dan ketika Anda membuat dan membuat konten lebih halus dan bertarget, itu menjadi sangat menarik dan berharga bagi konsumen.

Oleh karena itu, menggunakan UGC dalam kampanye pemasaran Anda membawa keterlibatan pengguna ke tingkat berikutnya, bersama dengan dampak kampanye yang intensif. Ini meningkatkan peluang untuk mencapai tujuan yang diinginkan dari kampanye Anda.

8. Tingkatkan Konversi dan Pendapatan

Ini adalah tujuan akhir yang ada dalam pikiran pemasar saat membuat kampanye pemasaran. Konversi dan pendapatan memastikan kelangsungan hidup dan kesuksesan sebuah merek.

Konten buatan pengguna adalah solusi paling tepat untuk meningkatkan konversi dan pendapatan Anda. UGC meningkatkan keterlibatan pengguna, dan keterlibatan secara langsung terkait dengan konversi.

Orang-orang cenderung lebih mempercayai UGC daripada iklan ketika ingin membeli produk/jasa. Jadi, UGC akan memberikan validasi dan kredibilitas pada pesan pemasaran yang akan mendorong pengguna menuju konversi dan meningkatkan pendapatan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: