Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mendagri: Indonesia Mengalami Penurunan Inflasi Dua Bulan Terakhir

Mendagri: Indonesia Mengalami Penurunan Inflasi Dua Bulan Terakhir Kredit Foto: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Indonesia mengalami penurunan inflasi selama dua bulan terakhir, yaitu bulan Oktober dan November 2022. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tito Karnavian mengatakan Indonesia mengalami penurunan inflasi pada bulan Oktober 2022. Dalam hal ini, penurunan inflasi mencapai 5,71% dan pada bulan November kembali mengalami penurunan ke angka 5,42%.

"Ini saya kira semua mengikuti berita, dari 5,95%, turun ke 5,71% di Oktober, November turun lagi ke 5,42%, ini betul-betul tidak gampang," kata Tito, dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi dan Percepatan Realisasi Belanja Daerah di kantor Kemendagri, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (5/12/2022).

Baca Juga: Inflasi Melandai, Momentum Bagus Jelang Nataru 2023

Tito menuturkan, jika dibandingkan dengan negara G20, Indonesia merupakan negara kedua dengan inflasi terendah setelah Jepang.

"Di G20, dua puluh negara ekonomi terbesar kita nomor dua terendah setelah Jepang, Jepang 3,7%. 18 Negara G20 baik Amerika Eropa semua di atas angka kita," ujarnya.

Tito juga mengungkapkan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) penanganan inflasi juga harus sama seperti penangan Covid-19, yaitu dibahas setiap pekannya.

"Bapak Presiden ingin agar penanganan inflasi ini ditangani dengan mekanisme seperti pandemi," kata Tito.

Baca Juga: UU Pengurangan Inflasi Amerika Jadi Masalah, Macron Blak-blakan ke Biden: Itu Akan Membelah Barat!

Menurutnya, hal tersebut dilakukan agar masyarakat tetap waspada dan terinformasikan.

"Jadi fokus dan skala prioritas. Karena menyangkut masalah hidup rakyat, dan kenaikan harga-harga barang dan jasa sangat berdampak kepada rakyat," tegasnya.

Baca Juga: Narasi Para Pendukung Anies Soal Sodetan Kali Ciliwung Dinilai Percuma: Mandeknya Proyek Ini Sudah Jelas di Tangan..

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: