Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Erick Thohir, Mak Itam dan Bangkitnya Wisata Lokal di Sawahlunto

Erick Thohir, Mak Itam dan Bangkitnya Wisata Lokal di Sawahlunto Menteri BUMN, Erick Thohir. | Kredit Foto: Istimewa.
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sejarah baru sedang diukir di Sawahlunto, Sumatra Barat, Selasa (20/12/22) lalu. Hari itu, di tengah teriknya matahari yang memanggang Sawahlunto, Menteri BUMN Erick Thohir memecah kendi tanda dimulainya pengoperasian kembali lokomotif uap tua seri  E1060 buatan Jerman yang sempat mati suri sejak 2014.

Sebelumnya, lokomotif berwarna hitam legam yang dikenal dengan sebutan Mak Itam itu  sempat berderak selama 5 tahun sebagai kereta wisata di jalur Sawahlunto - Muarakalaban sepanjang 4 kilometer, termasuk merayap melewati  terowongan sepanjang 828 meter.  

Baca Juga: Prestasi di BUMN Cemerlang, Melesatkan Elektabilitas Erick Thohir

Jalur kereta api Sawahlunto - Muarakalaban adalah saksi bergeraknya peradaban Minangkabau sejak ditemukannya endapan batubara sebanyak 200 juta lebih di tepi sungai Ombilin oleh geolog Belanda pada 1816.

Sejak itu, peradaban Sawahlunto berderak sebagai kota tambang batubara. Sebagai bagian dari peradaban itu, lokomotif Mak Itam awalnya juga berfungsi sebagai kereta pengangkut batubara. Kereta itu baru pensiun pada akhir 2000 seiring menyusutnya produksi batubara di sana.

Romansa sejarah itulah yang ingin dihidupkan kembali oleh Erick Thohir lewat pengoperasian kembali Mak Itam. Apalagi, sejak 2019 Sawahlunto dan jalur rel keretanya telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan dunia baru.

Untuk menghidupkan kembali lokomotif legendaris Mak Itam, dana yang dikucurkan mencapai Rp20 miliar. Empat BUMN ditugaskan berkolaborasi: PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Bio Farma (Persero), PT Pupuk Indonesia (Persero), dan PT Semen Indonesia (Persero).

Untuk memperbaiki Mak Itam, KAI mendatangkan tim ahli lokomotif uap dari museum kereta api Ambarawa untuk menangani lokomotif bersejarah itu. Hasilnya, Mak Itam dapat beroperasi lebih ceat dari target semula pada Januari 2023.

Selain lokomotif, KAI melakukan perbaikan pada jalur rel, dua unit jembatan, terowongan, persinyalan, bangunan stasiun yang telah menjadi museum, dan depo.

Baca Juga: Erick Thohir Punya Bekingan Pendukung Jokowi Buat Maju Jadi Cawapres 2024, Jumlahnya Nggak Main-main

Bagi Erick, pengaktifan kembali Kereta Api Mak Itam adalah langkah awal kebangkitan wisata lokal di Sumatera Barat.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Aldi Ginastiar

Bagikan Artikel: