Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Laporan Year in Search Google 2022 Soroti Perubahan Perilaku Konsumen dalam Belanja Online

Laporan Year in Search Google 2022 Soroti Perubahan Perilaku Konsumen dalam Belanja Online Kredit Foto: Unsplash/Taan Huyn
Warta Ekonomi, Jakarta -

Laporan terbaru dari Google bertajuk Year in Search 2022 menyoroti perubahan perilaku konsumen Indonesia dari tahun ke tahun dalam berbelanja, di mana orang Indonesia lebih mendasarkan keputusan pembelian pada aspek kesepadanan terhadap nilai uang (value for money) dan tingkat kepercayaan mereka pada suatu brand.

Laporan menunjukkan bahwa rata-rata konsumen jadi lebih menuntut dan semakin memahami makna suatu brand yang melebisi aspek harga dan kenyamanan. Tidak hanya itu, orang Indonesia juga semakin memperhatikan faktor biaya, lingkungan, dan kepercayaan terhadap brand sebelum berbelanja. Tren non-tunai juga rupanya terus berlanjut hingga saat ini.

"Sangat menarik untuk diperhatikan bahwa laporan tahun ini mencatat banyak sekali momen yang bisa dijadikan perenungan mendalam," tutur Head of Ads Marketing Google Indonesia Yolanda Sastra dalam keterangan media pada Kamis (16/2/2023).

Baca Juga: Menyoal Publisher Rights, Google Keluarkan Pernyataan untuk Pertimbangan Regulasi

Ia menambahkan, "brand harus peka dengan keadaan bahwa setelah pandemi yang panjang dan kini dihadapkan dengan kondisi ekonomi global yang penuh ketidakpastian, banyak orang Indonesia mengajukan jumlah pertanyaan mendalam kepada Google seperti kenapa harga naik (naik 120% YoY) dan apa itu inflasi (naik 50% YoY)."

Dalam edisi kelima Year in Search 2022 ini, Google berupaya menerangkan tidak hanya dari sisi perubahan cara belanja online orang Indonesia, namun juga cara mereka bekerja dan cara memahami masa depan dalam kondisi ekonomi yang berubah dengan sangat cepat. Laporan ini dibagi menjadi tiga tema besar yaitu Soul Searching, Value Hunting, dan Finding Joy serta tujuh vertikal industri utama yaitu teknologi, media dan hiburan, kecantikan dan perawatan diri, makanan dan minuman, transportasi, perjalanan, serta keuangan.

Adapun beberapa ringkasannya antara lain:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Tri Nurdianti
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: