Tingkatkan Aset dan DPK Kunci Pencapaian Bank Neo Commerce di tahun 2022
PT Bank Neo Commerce, Tbk (BNC) mencatatkan berbagai raihan penting sepanjang tahun 2022 lalu. Di tahun keduanya beroperasi setelah bertransformasi menjadi bank digital, BNC secara konsisten terus meningkatkan kinerja operasional dan bisnis perbankannya.
Sebagai bank digital yang berada satu ekosistem dengan Akulaku Group, perusahaan teknologi finansial terkemuka yang mumpuni dalam penyaluran kredit, BNC berhasil mengerek tingkat penyaluran total kreditnya sebesar Rp10,24 triliun di Desember 2022, atau naik 139,6% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2021 yang sebesar Rp4,27 triliun.
Proporsi penyaluran kredit sendiri mencakup 20% untuk sektor produktif, dan 80% untuk sektor non-produktif.
Dengan kenaikan total kredit tersebut, pendapatan bunga bersih (Net Interest Income/NII) BNC secara tahunan (yoy) di Desember 2022 tumbuh secara signifikan sebesar 436,94% atau menjadi Rp1,69 triliun jika dibandingkan dengan posisi Desember tahun 2021 yang sebesar Rp315,88 miliar.
Pencapaian lainnya adalah, Rasio Beban Operasional BNC selama tahun 2022 sebesar 127,07%, mengalami penurunan sebesar 103,57%, dari 224,01% selama tahun 2021.
Sedangkan dari sisi Aset terjadi kenaikan sebesar 73,7% menjadi sebesar Rp19,69 triliun di Desember 2022, naik dari posisi Rp11,33 triliun di tahun sebelumnya.
Sementara itu, dari sisi likuiditas, perolehan Dana Pihak Ketiga (DPK) terjadi peningkatan menjadi Rp14,45 triliun pada Desember 2022, dari Rp8,12 triliun pada periode yang sama di tahun sebelumnya, atau naik sebesar 77,87%. Pencapaian ini mengindikasikan meningkatnya kepercayaan nasabah terhadap BNC.
Selain itu, BNC juga mencatatkan penurunan nilai kerugian dari posisi Desember 2021 yang sebesar Rp990 miliar, turun menjadi Rp785 miliar per Desember 2022.
Sejalan dengan meningkatnya perekonomian Indonesia di tahun 2022, BNC juga mencatatkan pertumbuhan yang stabil.
BNC melihat antusiasme masyarakat tetap tinggi di sepanjang tahun 2022, terutama dalam penggunaan layanan perbankan digital melalui aplikasi neobank, hal ini tercermin pada kenaikan jumlah pengguna sebesar 55,6% menjadi 20,7 juta pengguna di Desember 2022 dari 13,3 juta pengguna di Desember 2021.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Ferry Hidayat
Tag Terkait:
Advertisement